Siapa Pemilik Esteh Indonesia yang Viral di Twitter karena Somasi?

Penulis: Dipna Videlia Putsanra, tirto.id - 26 Sep 2022 09:55 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Siapa pemilik PT Esteh Indonesia yang viral di Twitter karena somasi?
tirto.id - Esteh Indonesia sedang viral di media sosial karena mengeluarkan somasi untuk seorang warganet di Twitter. Warganet dengan akun @gandhoyy tersebut awalnya mengkritik minuman Esteh yang dirasa terlalu manis.

"abis minum es teh indonesia yang chizu red velvet pertama kali dan terakhir kali. anjing lu gila yak itu bukan minuman tai tapi gula 3kg dikocok sama sp bahan kue tolol bet siapa sih yang bikin ni minuman bangsaat bangkrut ae lu mending daripada bocah kena diabetes massal," tulis @gandhoyy, dikutip Senin (26/9/2022).

Twit tersebut saat ini sudah dihapus dan diganti dengan permintaan maaf si pemilik akun bernama Gandhi karena ia mendapat somasi dari PT Esteh Indonesia.


Pada surat somasi, Esteh mengatakan, kalimat Gandhi yang menyebut produk mengandung "gula 3 kg" menyebabkan pemberian informasi keliru dan/atau menyesatkan kepada konsumen.

“Bahwa adanya kata-kata ‘hewan’ dan kata yang kurang baik lainnya ditujukan kepada kami selaku pemilik merek dan pencipta produk minuman tersebut. Sehingga kami merasa terhina atau pencemaran nama baik atas pernyataan yang telah saudara berikan yang dapat melukai hati keluarga besar Es Teh Indonesia,” tulis Legal PT Esteh Indonesia Makmur Brian Michel, dikutip Minggu (25/9/2022).

Legal Esteh Indonesia melakukan somasi (memperingatkan dan menegur dengan keras) Gandhi untuk segera melakukan penghapusan dan klarifikasi atas pernyataan, paling lambat 2x24 jam.


Siapa Pemilik Esteh Indonesia?

Tak lama setelah somasi itu viral, nama Brian Michel dan pemilik Esteh Indonesia kemudian banyak dicari warganet. Esteh Indonesia adalah perusahaan food and beverage (F&B) yang didirikan oleh Haidhar Wurjanto pada 2018.

Menurut wawancara eksklusif dengan detikcom, Haidhar sudah menekuni bisnis sejak ia duduk di bangku SMA. Sebelum mendirikan Esteh Indonesia, Haidhar pernah berjualan pulsa, aksesori HP, berjualan masakan Jepang, hingga nasi goreng gerobak.

Bisnis Haidhar satu persatu gagal, tetapi ia terus mencoba dengan mendirikan bisnis lain. Hingga saat ini, Haidhar memegang beberapa kerajaan bisnis yang bergerak di sektor F&B seperti Momo Milk, Foresthree, Raindear Coffee, Cakekinian, dan Esteh Indonesia.

Esteh Indonesia bermula dari lapak di Kemang Village Mal dan hanya menjual minuman es teh. Namun, Haidhar kemudian mengembangkan produknya dan menjual berbagai jenis minuman berbasis teh, yang dikombinasikan dengan susu, rasa buah, dan lain-lain.


Harga produk Esteh Indonesia berkisar antara Rp9.000-Rp 32.000 per gelas.


Nagita Slavina Jadi CEO Esteh Indonesia

Pada 14 Juli 2022, aktris Nagita Slavina resmi menjadi CEO PT Esteh Indonesia Makmur menggantikan Haidhar. Pergantian kepemimpinan ini pun diumumkan Esteh Indonesia melalui Instagram.

Manajemen Esteh tak menjelaskan detail posisi Nagita, tetapi Nagita Slavina kini telah menjadi salah satu pemegang saham Esteh Indonesia.

"Yes! Esteh Indonesia jadi BUMN (Badan Usaha Milik Nagita)," tulis Esteh dikutip Senin (26/9/2022).


Baca juga artikel terkait ESTEH INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Yantina Debora

DarkLight