Siapa Ira Koesno & Imam Priyono, Moderator Debat Pilpres 2019?

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 17 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ira Koesno dan Imam Priyono adalah jurnalis senior. Keduanya terpilih menjadi moderator debat perdana Pilpres 2019 yang digelar malam ini.
tirto.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar Debat Perdana Capres-Cawapres di Pilpres 2019, Kamis (17/1/2019) malam ini, di Hotel Bidakara Jakarta pukul 20.00 WIB. Debat akan disiarkan langsung oleh sejumlah stasiun televisi.

KPU telah menetapkan 2 moderator untuk debat Pilpres 2019, pada debat pertama terpilih Dwi Noviratri Koesno atau lebih akrab dipanggil Ira Koesno dan Imam Priyono. Keduanya sama-sama berlatar belakang sebagai jurnalis.

Ira Koesno

Nama Ira Koesno mencuat ketika dirinya menjadi presenter berita di Liputan 6 SCTV. Sebagai seorang jurnalis senior, Ira Koesno telah melalui sejumlah peristiwa besar.

Mulai dari meliput langsung peristiwa darurat militer di Aceh, hingga pengalaman yang sulit ia lupakan yakni ketika ia mewawancarai mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup, Sarwono Kusumaatmadja, pada program berita Liputan 6 Siang beberapa hari sebelum Soeharto lengser.

Wawancara yang tayang secara langsung itu menjadi pembicaraan karena Sarwono, mantan menteri Soeharto, berani berbicara lugas dan terang-terangan tentang rencana reshufle kabinet yang akan dilakukan Soeharto untuk mengurangi tekanan massa. Sarwono mengatakan bahwa itu hanya tambal-tambal gigi. Itu tidak cukup. Harus cabut gigi, katanya.

"Moralitas kepemimpinan di kita ini sudah hilang," katanya.

Saat Ira bertanya kemungkinan langkah-langkah yang bisa diambil Soeharto untuk memperbaiki hancurnya perekonomian Indonesia, Sarwono menjawab: "Dengan segala maaf, mudah-mudahan saya salah, ya, tapi sepertinya sudah terlambat."

Belakangan diketahui, ia mengembangkan bisnis broadscasting. Kini Ira bekerjasama dengan Institut Teknologi Komunikasi dan Pemasaran (ITKP) menggelar program khusus Presenter Berita.

Ira mendirikan Ira Koesno Communication di Kebayoran Baru, Jakarta. Perusahaan ini juga membawahi event organizer dan umah produksi.

Ira tercatat pernah menjadi presenter dalam debat terbuka Pilpres 2004 dan debat Pilkada DKI 2017 lalu.

Imam Priyono

Imam Priyono merupakan penyiar TVRI kelahiran tahun 1980. Imam sering membawakan siaran berita pagi di stasiun televisi tersebut.

Dilansir dari akun twitter pribadinya, Imam juga berprofesi sebagai MC dan public speaking coach.

Berbagai prestasi telah diraih oleh Imam Priyono. Pada tahun 2016, Imam terpilih menjadi Penyiar Berita Terbaik KPI.

Dia juga merupakan Abang Jakarta tahun 2004. Imam juga pernah menjadi reporter liputan khusus mitigasi bencana Tsunami Selat Sunda 2018.

Imam Priyono terpilih menjadi moderator debat pertama pada Pilpres 2019 yang diadakan pada 17 Januari 2019.

Dia membawakan acara itu bersama Ira Koesno. Sebelumnya Imam juga pernah menjadi moderator debat ketiga Pilgub Sulawesi Selatan, debat ketiga Pilgub Sumatera utara, dan debat terakhir Pilkada Bali.




Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Politik)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight