Shell, Total dan Exxon Mobil Kembali Turunkan Harga BBM

Oleh: Hendra Friana - 26 Desember 2018
Sejumlah distributor BBM asal luar negeri menurkan harga BBM.
tirto.id - Distributor bahan bakar minyak (BBM) asal luar negeri seperti Shell, Total dan Exxon Mobil kembali menurunkan harga jual BBM untuk jenis tertentu sebesar Rp100 sampai Rp200 per liter.

Dikutip dari situs resminya, Shell telah melakukan penyesuaian harga jual untuk BBM non-subsidi di SPBU wilayah Jabodetabek per 19 Desember.

Untuk BBM berjenis super, Shell melegonya kepada konsumen dengan harga harga Rp10,650 hingga 10,850 per liter. Angka ini turun dari yang sebelumnya Rp10.750-10.850 per liter.

Untuk jenis V-Power, harganya juga diturunkan jadi Rp12.150 per liter dari sebelumnya Rp12.300-12.450 per liter. Performance 92 turun jadi Rp10.700 per liter dari sebelumnya Rp10.800 per liter.

Per 12 Desember 2018 lalu, Exxon Mobil juga telah menurunkan harga BBM untuk jenis RON 92 dari Rp10.100 menjadi Rp9.800 per liter.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Djoko Siswanto mengatakan bahwa harga BBM di sejumlah SPBU akan turun pada akhir tahun ini atau awal tahun depan karena adanya penurunan harga minyak mentah dunia.

Djoko mengatakan pihaknya telah memanggil sejumlah badan usaha untuk membahas harga minyak mentah dunia yang sedang mengalami penurunan.

Beberapa Badan usaha tersebut, kata dia, sepakat dan berkomitmen untuk menurunkan harga jual BBM non subsidi, salah satunya adalah Pertamina yang akan menurunkan harga Pertamax.

"Harga minyak dunia turun, saya sudah panggil Pertamina, AKR, Shell, Total, Vivo, Garuda Mas, mereka semua commit untuk menurunkan harga," ungkapnya di hotel Rafless, Jakarta Selatan, 28 November lalu.

Namun, hingga saat ini, Pertamina belum menurunkan harga Pertamax kepada konsumen. Di beberapa SPBU Pertamina yang dikunjungi Tirto, harga Pertamax masih tercatat sebesar Rp10.400 per liter.



Baca juga artikel terkait PENURUNAN HARGA BBM atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight