Menuju konten utama

Sesmenpora akan Usul ke Kominfo agar Siaran Liga 1 2019 Diperluas

Gatot kerap menerima keluhan dari masyarakat di Wilayah Timur Indonesia kesulitan mengakses tayangan Liga 1.

Sesmenpora akan Usul ke Kominfo agar Siaran Liga 1 2019 Diperluas
Sesmenpora Gatot Dewa Broto (dua dari kiri) dalam acara launching Shopee Liga 1 2019 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5/2019). tirto.id/Herdanang Ahmad Fauzan

tirto.id - Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot Dewa Broto berjanji akan mengusulkan kepada Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) agar jaringan televisi di Indonesia diperluas. Janji ini disampaikan Gatot lantaran kerap mendapat keluhan dari masyarakat di Wilayah Timur Indonesia yang kesulitan mengakses tayangan Liga Sepakbola Indonesia (Liga 1).

"Sering sekali ada keluhan masyarakat di pelosok tidak bisa menyaksikan tayangan Liga 1. Ini nanti akan saya sampaikan kepada Kominfo, ke pak Rudiantara, supaya jangkauan tayangan Liga 1 nanti diperluas," ujar Gatot sewaktu menghadiri launching Shopee Liga 1 2019 di SCTV Tower, Senin (13/5/2019).

Selain kualitas dan jangkauan tayangan, Gatot berharap Liga 1 musim ini berbenah dalam berbagai aspek lain. Dua hal yang dia soroti secara terbuka adalah adanya kasus tunggakan subsidi dari operator kepada klub, serta adanya gaduh-gaduh pengaturan skor.

"Kami mohon tidak ada hal-hal yang terjadi seperti kemarin, semoga keuangan klub lebih sehat. Dan semoga tidak ada lagi yang namanya pengaturan skor. Karena ujung-ujungnya yang repot juga sponsor. Karena kalau trust itu tidak ada, bagaimana mungkin sepak bola Indonesia lebih bagus," pungkasnya.

Seolah mengamini argumen Gatot, harapan serupa disampaikan oleh Pandu Sjahrir. Pria yang menjabat sebagai Presiden Komisaris SEA Group, induk perusahaan PT Shopee Internasional Indonesia itu sejauh ini percaya kalau LIB dan PSSI masih punya komitmen memperbaiki kualitas kompetisi sepak bola di Indonesia.

"Kami percaya niatan dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru untuk menciptakan iklim sepak bola Indonesia yang lebih profesional bisa cepat terlaksana. Pada kesempatan ini kami ingin menegaskan bahwa Shopee mendukung penuh perbaikan sepak bola Indonesia dengan menjadi sponsor utama Liga 1 2019," ungkapnya.

Shopee secara resmi telah menjadi sponsor utama Liga 1 2019, menggantikan posisi GoJek yang selalu menduduki posisi tersebut selama dua tahun terakhir. Ini bukan kali pertama perusahaan e-commerce tersebut mendukung gelaran olah raga dalam negeri. Pada Asian Games 2018 lalu, mereka juga menjadi salah satu sponsor utama.

Selain Liga 1, tahun ini Shopee juga menjadi sponsor utama beberapa turnamen lain di Asian Tenggara. Salah satunya ialah Piala FA Malaysia 2019.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan lainnya dari Herdanang Ahmad Fauzan

tirto.id - Olahraga
Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Ibnu Azis