Sembuh dari Virus Corona, Idris Elba Donasikan 40 Juta Dolar AS

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 20 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Setelah sembuh dari virus corona, aktor Idris Elba dan istri mengaku mendapat pelajaran hidup berharga. Keduanya menyumbangkan dana 40 juta dolar.
tirto.id - Setelah sembuh dari virus corona, aktor Idris Elba dan istrinya bergabung dengan Dana Internasional PBB untuk pengembangan pertanian dan meluncurkan dana bantuan sebesar 40 juta dolar AS.

Menurutnya, orang-orang di daerah perdesaan dan miskin cenderung lebih menderita akibat pandemi virus corona ini.

"Jika kalian membayangkan berada di sebuah desa di mana tidak ada yang tahu nama desa atau populasi Anda, dan bahwa Anda tinggal di daerah kumuh di mana ada satu kamar dan enam dari Anda tinggal di dalamnya. Jarak sosial adalah sebuah lelucon," ujar Elba seperti dilansir dari Hollywood Reporter, Senin (20/4/2020).

Ia mengaku, virus Corona telah membuat ia dan sang istri Sabrina Dhowre Elba mendapatkan pelajaran hidup yang berharga, dan hidup mereka berubah setelah tertular virus corona.

"Anda tahu, semua orang merasakan apa yang kita rasakan, itu semacam pergolakan total," ujar Elba.

Ia menyatakan, pengalaman terinfeksi virus Corona benar-benar menakutkan dan membuat gugup. Pandemi virus corona, kata dia, berfungsi sebagai pengingat bahwa dunia tidak berdetak pada waktu seseorang.

"Saya pikir dunia harus mengambil karantina seminggu setiap tahun hanya untuk mengingat kali ini. Ingat satu sama lain. Saya benar-benar melakukannya," katanya.

Dorong PBB Kurangi Dampak Virus Corona di Pedesaan


Elba dan istri mulai mendorong PBB untuk mengurangi dampak COVID-19 terhadap petani dan produsen makanan di daerah pedesaan.

"Orang lupa bahwa 80 persen populasi miskin tinggal di daerah pedesaan. Apa yang kami benar-benar khawatirkan saat ini dan mengapa kami meluncurkan donasi ini adalah untuk mengingatkan kalau orang-orang itu dilupakan," jelas Dhowre.

Keduanya merupakan keturunan Afrika, orang tua Elba berasal dari Sierra Leone dan Ghana, sedangkan Dhowre Elba adalah keturunan Somalia.

Pasangan itu pergi ke Sierra Leone pada bulan Desember lalu dengan PBB untuk melihat bagaimana Dana Internasional untuk Pengembangan Pertanian (IFAD) telah membantu orang-orang di sana.

Elba mengatakan, dia sangat prihatin dengan apa yang bisa dilakukan selama pandemi virus corona di negara-negara yang sudah menderita secara ekonomi.

"Kita harus memikirkan rencana ke depan. Apa dampaknya nantinya?" imbuhnya.

Elba dan istri berhasil sembuh dari virus corona saat berada di New Mexico. Ketika merasakan sakit, Elba sedang syuting, tetapi berencana untuk kembali ke London segera setelah mereka bisa mendapatkan penerbangan.

Aktor yang bermain di film Thor itu mengatakan, dia akan merayakan ulang tahun putranya yang berusia 6 tahun tetapi tidak bisa karena masih harus mengisolasi diri akibat virus corona, tetapi dia berharap untuk bisa melihat putranya sesegera mungkin.

"Kami beruntung. Kami telah tinggal di tempat yang indah yang sangat nyaman untuk saat itu. Tapi kami tak sabar untuk pulang," tukasnya.




Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight