Seleksi Jalur Mandiri USMB UNSRI 2022: Jadwal, Cara Daftar, & Biaya

Penulis: Abdul Hadi - 23 Jun 2022 11:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal dan cara daftar seleksi jalur mandiri USMB Universitas Sriwijaya (UNSRI) 2022
tirto.id - Universitas Sriwijaya (UNSRI) membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Nama seleksi mandiri UNSRI adalah Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) Sarjana dan Diploma Tahun 2022. Jalur ini dimulai pendaftarannya sejak 4 Mei hingga 30 Juni 2022.

Seluruh rangkaian proses pendaftaran, pembayaran, dan pemilihan program studi USMB UNSRI 2022 dilakukan secara daring melalui laman: https://usmb.unsri.ac.id/Peserta.

Calon mahasiswa baru yang bisa mendaftar adalah lulusan SMA/MA/SMK/MAK semua jurusan. Berbeda dari banyak universitas lain yang memiliki batasan tahun lulus. Seleksi mandiri UNSRI 2022 tidak membatasi tahun lulus calon pendaftarnya, sebagaimana dikutip dari Panduan Peserta USMB 2022.

UNSRI sendiri merupakan salah satu universitas negeri yang berlokasi di Sumatera Selatan. Sejauh ini, UNSRI dinobatkan sebagai kampus terluas di Asia Tenggara dengan luas 712 hektare.

Saat ini, UNSRI memiliki 10 fakultas dan program pascasarjana. Kesepuluh fakultas itu adalah Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM), dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

Bagi calon mahasiswa yang belum berhasil lolos SNMPTN atau SBMPTN, UNSRI masih membuka kesempatan seleksi mandiri hingga 30 Juni 2022 bagi pendaftar yang ingin melanjutkan pendidikannya di UNSRI.

Jalur mandiri USMB UNSRI 2022 ini berbentuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan 3 jalur tes, yaitu tes untuk rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC). Setiap jalur tes ini dibebankan biaya berbeda-beda sebagai berikut:

Biaya Jalur Mandiri USMB UNSRI 2022

  • Untuk kelompok S1 Saintek, S1 Soshum, DIII Saintek, DIII Soshum, dan S1 Alih Program Soshum, biaya ujian Rp300.000,- (tiga ratus ribu rupiah).
  • Untuk kelompok S1 Campuran dan DIII Campuran, biaya ujian Rp400.000,- (empat ratus ribu rupiah).
  • Ujian Keterampilan melalui portofolio untuk pilihan Penjaskes S1, Olahraga S1 dan Sendratasik S1 Rp 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah).
  • Khusus peserta warga negara asing, biaya ujian Rp1.500.000,- (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).
  • Peserta ujian yang berminat memilih program studi S1/D4 dan juga berminat memilih program studi Diploma III harus melakukan pembayaran biaya ujian masing-masing.


Jadwal Pelaksanaan Jalur Mandiri UNSRI 2022


Rincian jadwal pelaksanaan jalur mandiri UNSRI 2022 adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran USMB 2022 (4 Mei 2022 - 30 Juni 2022)
  • Pelaksanaan USMB 2022 (4 - 7 Juli 2022)
  • Pengumuman USMB UNSRI (14 Juli 2022)


Cara Daftar USMB UNSRI 2022


Cara melakukan pendaftaran USMB UNSRI 2022 adalah sebagai berikut:

1. Pendaftaran membuka situs web www.usm.unsri.ac.id selama masa pendaftaran yang ditentukan (5 Mei - 30 Juni 2022).

2. Peserta asal SLTA/SMA/SMK/MA yang memilih program studi jenjang sarjana dan juga memilih program studi jenjang diploma harus mendaftar secara terpisah.

3. Peserta melakukan pengisian formulir untuk mendapatkan slip pembayaran secara daring melalui alamat situs http://usmb.unsri.ac.id.

Pada formulir peserta wajib memilih kelompok ujian yang sesuai dengan program studi yang akan dipilih. Hasil pengisian formulir berupa slip pembayaran yang berisikan Nomor Pembayaran dicetak untuk dibawa ke bank yang ditunjuk untuk menerima pembayaran.

Peserta akan mendapatkan Nomor Pembayaran kemudian peserta dapat melakukan pembayaran biaya pendaftaran ke Bank BNI (melalui teller atau ATM) dengan membawa slip pembayaran yang dicetak pada poin 3.

4. Pembayaran dapat dilakukan melalui teller di Seluruh Kantor Cabang dan Cabang Pembantu Bank BNI atau melalui mobile banking/internet banking/ATM Bank BNI. Uang yang sudah dibayar ke Bank tidak dapat diminta kembali.

5. Khusus untuk peserta warga negara asing, biaya ujian sebesar Rp1.500.000,- (Terbilang: Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) disetor ke rekening Rektor Universitas Sriwijaya di Bank BNI dengan nomor rekening A/C: 363636362 Swift code: BNINIDJAXXX

6. Setelah peserta melakukan pembayaran di bank, peserta akan mendapatkan bukti pembayaran yang berarti Nomor Pembayaran peserta telah diaktivasi.

7. Peserta melakukan pendaftaran secara daring melalui internet dengan cara mengakses situs http://usmb.unsri.ac.id.

8. Setelah melakukan pendaftaran secara daring, peserta akan mendapatkan kartu tanda bukti pendaftaran yang berisi identitas peserta termasuk foto, nomor peserta, lokasi ujian dan jadwal ujian. Kartu tanda bukti pendaftaran digunakan sebagai tanda peserta pada saat ujian.

9. Khusus untuk peserta yang memilih program studi S1 di Universitas Sriwijaya, peserta harus mengunduh surat pernyataan kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT). Surat pernyataan dicetak, kemudian ditandatangani peserta di atas materai 10.000 rupiah dan ditandatangani orang tua atau wali. Untuk peserta yang memilih program studi DIII tidak perlu mengunduh surat pernyataan kesanggupan membayar UKT.

Panduan pendaftaran lengkap jalur mandiri USMB UNSRI 2022 dapat diakses di sini.


Baca juga artikel terkait SUPLEMENT CONTENT atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight