Kapan Daftar Ulang SBMPTN 2022 di UGM, UI, UNY, UB, UNDIP dan ITB

Penulis: Maria Ulfa - 22 Jun 2022 14:01 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Daftar ulang mahasiswa UGM, UI, UNY, UB, UNDIP dan ITB dimulai pada Kamis, 23 Juni 2022, bertepatan dengan hasil pengumuman SBMPTN 2022.
tirto.id - Setelah pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022 dilakukan, maka peseta yang dinyatakan lolos harus melakukan proses daftar ulang ke universitas tujuan masing-masing.

Untuk beberapa nama kampus besar, seperti UGM, UI, UNY, UB, UNDIP dan ITB belum mengumumkan kapan proses daftar ulang bagi peserta lolos SBMPTN 2022 dimulai.

Selain itu, pengumuman proses daftar ulang ini biasanya berbeda-beda di setiap universitas. Jadi, Anda hanya perlu menunggu informasi dari masing-masing kampus tersebut.

Namun, jika mengacu kepada SBMPTN tahun lalu, kebanyakan kampus-kampus besar, seperti UGM, UI, UNY, UB, UNDIP dan ITB memulai proses daftar ulang di tanggal yang sama dengan pengumuman hasil UTBK SBMPTN.

Sehingga, kemungkinan proses daftar ulang mahasiswa UGM, UI, UNY, UB, UNDIP dan ITB juga akan dimulai pada Kamis, 23 Juni 2022, bertepatan dengan hasil pengumuman SBMPTN 2022.

Namun, agar lebih yakin lagi, Anda bisa menunggu informasi resmi di laman resmi masing-masing universitas, yaitu UGM, UI, UNY, UB, UNDIP dan ITB.

Selain itu, persyaratan daftar ulang juga berbeda-beda setiap universitas, jadi Anda harus memerhatikan hal tersebut.

Biasanya, alur dan persyaratan akan diinformasikan bersamaan dengan jadwal daftar ulang oleh masing-masing universitas di laman resmi mereka.

Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2022


Jadwal pengumuman SBMPTN gelombang 1 untuk ujian UTBK 2022 diumumkan bersamaan dengan hasil ujian gelombang 2, yaitu pada Kamis (23/6/2022).

Sebelum mengecek pengumuman SNMPTN 2022, peserta diimbau untuk menyiapkan nomor pendaftaran SNMPTN 2022.

Sementara itu, cara melihat Pengumuman UTBK SBMPTN 2022 gelombang 1-2 bisa dilakukan melalui laman resmi LTMPT di https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/.


Berikut ini adalah caraa melihat pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022:

  1. Klik pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau laman mirror masing-masing universitas.
  2. Login dengan nomor pendaftaran (10 digit)
  3. Masukkan tanggal lahir Anda.
  4. Hasil pengumuman SNMPTN akan muncul di page yang diakses.

Cara Unduh Sertifikat UTBK SBMPTN 2022


Setelah dinyatakan lolos, peserta SBMPTN 2022 bisa mengunduh sertifikat hasil nilai UTBK melalui link portal.ltmpt.ac.id seperti saat membuat akun untuk daftar UTBK SBMPTN 2022.

Pengunduhan sertifikat UTBK 2022 ini dapat dilakukan mulai Sabtu, 25 Juni hingga 31 Juni 2022 mendatang.

Sertifikat UTBK 2022 ini diperlukan bagi mahasiswa yang diterima SBMPTN 2022 untuk melakukan daftar ulang ke universitas masing-masing.

Selain itu, sertifikat UTBK 2022 juga bisa digunakan oleh mahasiswa yang tidak lulus SBMPTN untuk mendaftar mandiri ke universitas tujuan yang memberikan syarat nilai UTBK sebagai proses seleksi.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengunduh sertifikat UTBK SBMPTN 2022:

1. Buka link portal.ltmpt.ac.id.

2. Masukkan akun dan password.

3. Klik pilihan untuk mencetak sertifikat hasil nilai UTBK 2022.

Pada tahun-tahun sebelumnya, jika peserta lupa password, LTMPT akan memberikan fasilitas bantuan berupa menu “lupa password”. Reset password akun LTMPT dilakukan melalui fitur “Lupa Password” pada laman login portal LTMPT.


Baca juga artikel terkait SBMPTN 2022 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora

DarkLight