Selama Hari Raya Nyepi, Telkom Matikan Layanan IndiHome

Oleh: Maya Saputri - 16 Maret 2018
"Kami menjalankan imbauan pemerintah dengan mematikan layanan internet dan tv selama Nyepi," kata General Manager Telkom Denpasar, I Komang Widnyana
tirto.id - Pada Hari Raya Nyepi besok, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk akan mematikan sementara layanan IndiHome baik untuk internet dan televisi di Bali selama 24 jam.

"Kami menjalankan imbauan pemerintah dengan mematikan layanan internet dan TV selama Nyepi," kata General Manager Telkom Denpasar, I Komang Widnyana Karang di Denpasar, Jumat (16/3/2018).

Telkom, lanjut dia, mulai menonaktifkan layanan tersebut pada Sabtu (17/3/2018) pukul 06.00 WITA hingga Minggu (18/3/2018) pukul 06.00 WITA.

Sementara itu, untuk sejumlah objek vital seperti bandara, keamanan untuk TNI dan Polri, rumah sakit serta layanan kepentingan umum lainnya yang menggunakan layanan Telkom di luar IndiHome masih tetap berjalan seperti biasa.

"Kami sampaikan permakluman kepada seluruh pelanggan IndiHome yang ada di Bali," imbuh Widnyana.

Menteri Komunikasi dan Informatika dalam surat edaran Nomor 378 Tahun 2018 pada Rabu (14/3/2018) tentang Imbauan untuk melaksanakan Seruan Bersama Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali Tahun 2018, khusus poin empat yakni provider penyedia jasa seluler diharapkan untuk mematikan data seluler (internet) selama Nyepi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali Nyoman Sujaya memastikan perayaan Hari Suci Nyepi pada 17 Maret 2018 di Pulau Dewata tanpa internet untuk data seluler selama 24 jam.

"Ini sesuai seruan bersama majelis keagamaan dan Forum Kerukunan Umat Beragama daerah setempat. Pada Senin (12/3) disepakati yang sudah pasti internet di 'handphone' akan mati dan semua operator sudah menyanggupi," katanya.

Sementara itu operator penyedia jasa seluler Telkomsel sebelumnya juga siap mematikan jaringan internet, jaringan data selular saat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 di Pulau Dewata.

"Pada prinsipnya kami mengikuti arahan pemerintah jika diminta mematikan internet jaringan selular saat Nyepi kami pasti siap," kata Corporate Communications Telkomsel Bali Nusra, Teni Ginaya.


Baca juga artikel terkait HARI RAYA NYEPI atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight