Sekjend PKB: Ma'ruf Amin Cawapres Jokowi

Oleh: Muhammad Akbar Wijaya - 9 Agustus 2018
Sebelumnya Mahfud MD mengklaim telah dipilih Jokowi sebagai cawapres.
tirto.id - Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding menyatakan Jokowi telah memutuskan Rais Aam PBNU K.H Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presidennya untuk Pilpres 2019. Pernyataan itu disampaikan Karding melalui akun twitternya @Kadir_Karding.

"Rapat antara pak dan ketum2 , sekjen partai pendukung memutuskan Prof Dr Kh Ma’ruf amin sebaga calon wapres pak jokowi," kata Karding pukul 17.40 WIB.

Dalam akunnya Karding juga mengunggah sebuah foto yang berisi rapat antara Jokowi dengan Cak Imin. Namun tidak ada keterangan dimana foto itu diambil.

Sebelumnya Mahfud MD mengklaim telah ditunjuk Joko Widodo sebagai cawapres. "Akhirnya keputusan [wakil presiden untuk Jokowi] dengan sangat smooth jatuh ke saya. Saya anggap ini panggilan sejarah," kata Mahfud di rumahnya di Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018) sekitar pukul 16.00.

Menurutnya ada kesamaan pikiran antara dirinya dan Jokowi karena telah berinteraksi cukup lama. Mahfud juga mengaku sering diajak bicara dan konsultasi, "tapi tak pernah bicara soal pilpres."

Mahfud kemudian bicara mengenai proses pencalonannya. Menurutnya tadi malam Pratikno, Menteri Sekretaris Negara, memintanya untuk "standbye." Mahfud juga mengatakan dia diminta menyerahkan CV ke Pramono Anung.

Ia optimis dengan konfigurasi Jokowi-Mahfud dukungan ormas Islam terbesar Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), "akan bulat."

Mahfud MD lahir di Madura, 13 Mei 1957. Ia pernah jadi anggota DPR dan Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional (era Gus Dur). Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013.

Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Akbar Wijaya
(tirto.id - Politik)


Penulis: Muhammad Akbar Wijaya
Editor: Muhammad Akbar Wijaya