Sekjen PDIP Beri Kode dengan Senyum Usai Antar Megawati ke Istana

Oleh: Felix Nathaniel - 17 April 2019
Sekjen PDIP Hasto meminta masyarakat membaca kode senyumannya terkait hasil Pilpres 2019.
tirto.id - Dua politikus PDIP, Eriko Sotarduga dan Hasto Kristiyanto tersenyum setelah mengantar keberangkatan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berangkat menuju Istana Negara.

Eriko dan Hasto tak mau menegaskan apakah hasil hitung cepat mereka menandakan kemenangan paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Namun, mereka menyuruh masyarakat menilai dari senyuman mereka.

"Kita senyum-senyum, kan?" kata Hasto di Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Menurut Hasto, keyakinannya sudah kuat meski mereka harus menunggu terlebih dahulu hasil hitung cepat beberapa lembaga survei di jam 3 sore nanti.

"Dari suasana kebatinan dan kami melakukan monitoring di seluruh daerah. Ketika kami menghubungi pengurus-pengurus partai nampak suasana kegembiraan,” kata Hasto.

“Ketika kami menghubungi TKD nampak gembira. Itu menggambarkan bahwa seluruh dukungan rakyat telah ditunjukkan untuk mencari pemimpin untuk kemajuan Indonesia," lanjut Hasto.


Pada Pilpres 2019 ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan dua pasang calon yang akan memperebutkan jabatan kepresidenan.

Nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Bersamaan dengan itu, KPU juga menyelenggarakan Pileg bersamaan dengan Pilpres 2019.

Puluhan ribu caleg terdaftar di 20 partai politik yakni 16 parpol tingkat nasional, dan empat parpol lokal tambahan khusus di Provinsi Aceh.

Sebanyak 17.610 kursi anggota DPRD tingkat kabupaten/kota, 2.207 kursi anggota DPRD tingkat provinsi, 575 kursi anggota DPR RI, dan 136 kursi anggota DPD akan diperebutkan oleh semua caleg.

Pemilih yang telah terdaftar di dalam Daftar Pemilih (DPT/DPTb/DPK) bisa mencoblos pilihannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah ditentukan dengan membawa Formulir C6 sejak pukul 07.00-13.00 waktu setempat.



Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Alexander Haryanto