Sejumlah Atlet Olimpiade Jadi Tenaga Medis yang Rawat Pasien Corona

Oleh: Oryza Aditama - 9 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah atlet olimpiade dari berbagai negara saat ini menjadi bagian dari tim medis yang merawat pasien Covid-19.
tirto.id - Pandemi virus Corona (COVID-19) mendorong banyak pihak bahu membahu menghadapi krisis kesehatan global yang terjadi saat ini.

Peran tim medis di garis depan sangat krusial dalam periode ini, dan di antara mereka terdapat pula sejumlah atlet yang pernah terjun di ajang Olimpiade.

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, mengutarakan bahwa tidak sedikit komunitas dan atlet Olimpiade yang saat ini terjun langsung di garis depan untuk merawat pasien COVID-19.

"Banyak anggota komunitas Olimpiade dan atlet Olimpiade menjadi bagian dari tim medis,” ujar Bach kepada laman olympic.org, yang dilansir oleh Antara, Kamis (9/4/2020).

"Mereka bekerja di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Di masa-masa yang belum pernah terjadi seperti ini, olahraga memberi harapan," imbuh Bach.

Bach juga tak lupa memberikan penghormatan yang tinggi kepada seluruh tenaga medis yang saat ini tengah berjuang keras menghadapi pandemi COVID-19, mengingat tanggal 8 April 2020 adalah Hari Kesehatan Dunia.

"Hari ini kami memberi penghormatan untuk orang-orang yang berkerja keras melawan pandemi COVID-19," ujar Bach.

Dia menambahkan, "Terima kasih kepada semua dokter, perawat, tim medis, dan relawan, atas komitmen dan dedikasi kalian. Kalian adalah pemenang sejati."

Berikut daftar atlet Olimpiade yang diketahui terjun langsung menangani pasien COVID-19, seperti dilaporkan oleh olympic.org, Selasa (7/4/2020).

Paula Pareto

Seorang atlet Argentina yang pernah menyabet medali emas cabang olahraga judo kelas 48 kg di Olimpiade Rio 2016. Paula tercatat sebagai salah seorang dokter yang menangani pasien COVID-19 di RS San Isidro, sebelah utara ibukota Buenos Aires.

Joyce Sombroek

Dia atlet cabang olahraga hoki asal Belanda yang pernah merebut medali emas Olimpiade London 2012 serta medali perak Olimpiade Rio 2016. Joyce yang berposisi sebagai penjaga gawang saat olimpiade, kini berprofesi sebagai dokter umum usai menyelesaikan studi di Amsterdam’s Virje Universiteit.

Rachael Lynch

Atlet hoki asal Australia ini ikut terjun di Olimpiade Rio 2016. Rachael yang juga berposisi sebagai penjaga gawang itu, kini bertugas sebagai perawat di Perth, Australia.

Hayley Wickenheiser

Dia atlet hoki es asal Kanada yang pernah menyabet 4 medali emas Olimpiade Musim Dingin pada edisi 2002, 2006, 2010, dan 2014. Hayley kini bertugas sebagai dokter di kota Toronto, Kanada.

Jo Brigden-Jones

Dia merupakan atlet cabang olahraga kayak asal Australia yang pernah tampil Olimpiade London 2012. Jo Brigden saat ini bertugas sebagai tim paramedis di New South Wales, Australia.

Vicky Wright

Dia adalah atlet cabang olahraga curling asal Skotlandia yang tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi ajang Olimpiade Musim Dingin 2022. Vicky saat ini bertugas sebagai perawat di RS Forth Valley Royal, dekat kota Falkirk, Skotlandia.

Kim Daybell

Kim merupakan atlet paralimpik asal Inggris dari cabang olahraga tenis meja. Kim yang telah menyelesaikan studi kedokteran di University of Leeds, kini ikut memberikan bantuan medis di National Health Service di negaranya.

Silvia Meseguer

Silvia adalah wakil kapten tim sepakbola wanita Atletico Madrid. Saat ini tercatat sebagai tenaga voluntir di rumah sakit lapangan yang didirikan di komplek pameran IFEMA Madrid, Spanyol.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Addi M Idhom
DarkLight