Kualifikasi Olimpiade Cabang Atletik Ditunda Sampai Desember 2020

Oleh: Oryza Aditama - 8 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Seluruh kejuaraan internasional yang juga sebagai kualifikasi Olimpiade Tokyo telah ditangguhkan.
tirto.id - Federasi Atletik Dunia (World Athletics) merilis pengumuman resmi bahwa seluruh kejuaraan internasional yang juga sebagai ajang kualifikasi Olimpiade Tokyo telah ditangguhkan mulai 6 April dan direncanakan kembali dibuka pada Desember 2020.

Olimpiade Tokyo yang seharusnya digelar tahun ini sudah terlebih dulu ditunda oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) hingga pertengahan tahun depan, akibat pandemi virus Corona (COVID-19)

Menyangkut keputusan tersebut, Presiden World Athletics, Sebastian Coe, berterimakasih terhadap Komisi dan Dewan Atlet yang memberikan dukungan bahwa kebijakan ini diambil demi prinsip keadilan.

“Saya berterimakasih atas kinerja dan tanggapan terperinci dari Komisi dan Dewan Atlet yang percaya bahwa penangguhan kualifikasi Olimpiade pada masa sekarang akan memberikan kepastian serta waktu persiapan bagi para atlet,” ungkap Coe dikutip dari Worldathletics.org, Selasa (7/4/2020).

“Merupakan jalan terbaik demi keadilan di tengah situasi kompetisi yang tidak merata bagi para atlet di dunia, mengingat adanya tantangan perjalanan internasional serta pembatasan antar negara,” imbuhnya.

World Athletics menekankan jika seluruh hasil kompetisi yang diperoleh dalam masa penangguhan kejuaraan tidak akan dihitung sebagai standar kualifikasi Olimpiade Tokyo.

“Selama periode ini, hasil yang dicapai pada kompetisi apapun tidak akan dipertimbangkan untuk standar masuk Olimpiade Tokyo 2020, maupun ranking dunia. Publikasi terhadap hal tersebut juga ditangguhkan,” terang World Athletics dalam pengumuman resmi mereka.

Federasi olahraga yang memiliki markas di Monaco tersebut juga menambahkan bahwa seluruh atlet yang telah berhasil meraih standar kelolosan pada periode kualifikasi 2019, dijamin bakal tetap mendapat tiket Olimpiade mereka.


Dengan kata lain tiket Olimpiade yang telah digenggam sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, berkat pencapaiannya di ajang Seiko Golden Grand Prix 2019 di Osaka, Jepang, dipastikan tetap aman.

“Atlet yang telah berhasil memenuhi standar masuk sejak periode kualifikasi 2019, akan tetap dinyatakan memenuhi syarat kualifikasi. Mereka dapat dipilih oleh Federasi dan Komite Olimpiade Nasional masing-masing negara, bersama dengan atlet yang lolos dari periode kualifikasi yang diperpanjang,” tambah World Athletics.

Pengumuan dari World Athletics juga turut menyebutkan tenggat waktu kualifikasi. Nomor lari marathon dan jalan cepat 50 km, akan berakhir pada 31 Mei 2021. Sementara untuk cabang atletik yang lain, kualifikasi akan ditutup pada tanggal 29 Juni 2021.

Baca juga artikel terkait OLIMPIADE 2020 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight