Oscar 2019

Sejarah Academy Awards Piala Oscar: Hingga 2019 Digelar 91 Kali

Oleh: Iswara N Raditya - 25 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sejarah mencatat, pada 1930 ajang Academy Awards dihelat dua kali dalam setahun.
tirto.id - Academy Awards yang memperebutkan Piala Oscar 2019 baru saja dihelat di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Sejarah digelarnya ajang penghargaan bergengsi dalam industri film ini sudah dimulai sejak 1929 atau 90 tahun silam. Namun, Academy Awards 2019 merupakan gelaran yang ke-91.

Agenda tahunan ini digagas oleh The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) atau Akademi Seni dan Pengetahuan Perfilman di Amerika Serikat. Penghargaan paling prestisius adalah Academy Award of Merit. Pemenangnya akan menerima Patung Oscar, piala yang dibuat dari perunggu di atas logam hitam dengan lapis emas.

Academy Awards digelar perdana tanggal 16 Mei 1929 di Hollywood Roosevelt Hotel. Kategori yang dipertandingkan dalam edisi pertama ini yakni Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, Tata Artistik Terbaik, dan Sinematografi Terbaik.

Tampil sebagai pemenang kategori Film Terbaik di Academy Awards pertama ini adalah Wings, film bisu buatan tahun 1927 yang disutradarai oleh William Wellman. Film berdurasi 139 menit ini menceritakan tentang pilot-pilot pesawat tempur pada masa Perang Dunia I yang memperebutkan seorang wanita.

Pada 1930, Academy Awards dilangsungkan dua kali dalam setahun. Academy Awards ke-2 digelar 3 April 1930 di The Ambassador Hotel di Los Angeles untuk film-film yang dirilis antara 1 Agustus 1928 hingga 31 Juli 1929. The Broadway Melody terpilih sebagai film bersuara yang terpilih sebagai Film Terbaik.

Di tempat yang sama, dihelat Academy Awards ke-3 pada 5 November 1930 untuk film-film yang dirilis antara 1 Agustus 1929 hingga 31 Juli 1930. Pemenang untuk kategori Film Terbaik adalah All Quiet on the Western Front.

Perkembangan Piala Oscar

Para pemenang Academy Awards dalam satu dekade pertama penyelenggaraannya sudah diumumkan ke media sebelum ajang penghargaan dilaksanakan. Namun, sejak 1941, mulai digunakan amplop tertutup untuk mengungkapkan nama para pemenang saat acara dilangsungkan.

Dalam sejarah ajang ini, Daniel Day-Lewis menjadi peraih gelar Aktor Terbaik, yakni tiga kali. Peraih Piala Oscar tertua adalah Henry Fonda dalam film On Golden Pond (1981) yang berusia 76 tahun saat menerima penghargaan. Sedangkan yang termuda adalah Adrien Brody dalam film The Pianist (2002) yang berumur 29 tahun saat menerima Piala Oscar.


Kategori-kategori di Academy Awards terus bertambah dalam perkembangannya. Adapun kategori yang diperebutkan saat ini adalah Film Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, Skenario Asli Terbaik.

Kemudian, Film Berbahasa Asing Terbaik, Film Animasi Terbaik, Musik Original Score Terbaik, Lagu Terbaik, Film Dokumenter Pendek Terbaik, Sinematografi Terbaik, Film Dokumenter Terbaik, Desain Produksi Terbaik.

Juga Sound Mixing Terbaik, Desain Kostum Terbaik, Penyuntingan Film Terbaik, Penyuntingan Suara Terbaik, Film Animasi Pendek Terbaik, Film Pendek Terbaik, Tata Rias dan Rambut Terbaik, dan Efek Visual Terbaik

Baca juga artikel terkait OSCAR 2019 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Film)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Ivan Aulia Ahsan
DarkLight