Kronik Hari Ini

Sejarah 15 Januari: Susi Pudjiastuti, Pengepul Ikan Jadi Menteri

Oleh: Iswara N Raditya - 15 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Susi Pudjiastuti lahir pada 15 Januari 1965, hari ini 53 tahun lalu. Dari pengepul ikan, Susi merintis karier sebagai pengusaha besar dan kini menjadi menteri.
tirto.id - Susi Pudjiastuti dilahirkan di Pangandaran, Jawa Barat, tanggal 15 Januari 1965, hari ini tepat 53 tahun lalu. Perjalanan sejarah hidup Susi sangat menarik dan cukup berliku sampai akhirnya ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI di Kabinet Kerja masa bakti 2014-2019.

Berikut ini jejak rekam kehidupan Susi Pudjiastuti:

1965
Lahir di Pangandaran, Jawa Barat, tanggal 15 Januari 1965. Susi Pudjiastuti berasal keluarga yang cukup berada. Kakek buyutnya dikenal sebagai tokoh masyarakat di Pangandaran sebagai tuan tanah. Namun Susi justru lebih memilih hidup mandiri, bahkan sampai putus sekolah dan mencari uang sendiri sejak remaja.

___________________________

1983
Lulus SMP, Susi Pudjiastuti diterima di SMA 1 Yogyakarta, sekolah menengah atas paling favorit di kota gudeg. Namun, ia tidak sempat menamatkan pendidikannya itu dan putus sekolah ketika menginjak kelas 2 SMA.


Susi memutuskan pulang ke Pangandaran pada 1983. Ia menjual barang-barang miliknya, termasuk perhiasan, sebagai modal. Terkumpullah uang sebesar 750 ribu rupiah yang digunakan Susi untuk memulai usaha menjadi pengepul ikan. Ia juga sempat berjualan bed cover.
___________________________

1985
Usaha mengepul ikan yang dilakoni Susi di Pangandaran mulai menampakkan hasil. Pada 1985, ia pindah ke Cirebon untuk mengembangkan usahanya itu. Dari Cirebon, Susi menjual ikan, udang, bahkan kodok ke Tanjung Priok, Jakarta.

___________________________

1996
Bisnis yang ditekuni Susi berkembang sangat pesat. Tahun 1996, ia akhirnya bisa mendirikan pabrik pengolahan ikan bernama PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Produk andalannya, yakni lobster dengan merk “Susi Brand”, dipasarkan hingga ke mancanegara.
___________________________

2004
Lantaran pesanan yang semakin banyak dan diperlukan sarana transportasi cepat untuk menjaga kesegaran ikan dan lobster yang diproduksinya, pada 2004 Susi membeli pesawat Cessna Caravan seharga 20 miliar rupiah dengan uang pinjaman dari bank.


Di pengujung 2004, ia mendirikan perusahaan penerbangan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau Susi Air. Armada pesawat Susi Air juga sering digunakan untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan di daerah-daerah yang terkena musibah.
___________________________

2012
Susi Air mengalami perkembangan pesat. Hingga tahun 2012, Susi Air telah memiliki 50 unit pesawat terbang dengan 185 orang pilot yang sebagian besar merupakan pilot asing berpengalaman. Sejak tahun ini pula, Susi Air melayani 200 penerbangan perintis.
___________________________

2014
Presiden Jokowi yang baru saja terpilih menunjuk Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI. Sejumlah gebrakan telah dilakukan Susi sejauh ini, termasuk kebijakan pemberantasan illegal fishing yang kerap terjadi di perairan milik NKRI dan sangat merugikan negara.


Baca juga artikel terkait KRONIK atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Politik)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight