Sebut Mobil Esemka Sudah Terkenal, Menperin: Kapan Diluncurkan?

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 13 Agustus 2019
Presiden Direktur PT SMK, Edi Wirajaya mengatakan, saat ini belum dapat memberitahu kapan mobil esemka akan diluncurkan.
tirto.id - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mempertanyakan waktu peluncuran mobil buatan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK). Menurut Ketua Umum Golkar ini, merek mobil Esemka sudah terkenal dan diketahui publik, hanya saja ia tak tahu-menahu kapan mobil itu akan diluncurkan.

“Tentunya PT SMK agak terkenal memang. Tinggal kita lihat barangnya keluarnya kapan. Ini yang ditunggu media cetak dan elektronik,” ucap Airlangga kepada wartawan saat ditemui di Kemenperin pada Selasa (13/8/2019).

Airlangga menyatakan, bila mobil Esemka bisa diluncurkan, maka akan sangat berkontribusi pada industri otomotif dalam negeri. Namun, ia berharap sebagian besar komponennya bisa mengandalkan produksi dalam negeri.

“Hari ini kita lihat komponennya yang berkembang dalam negeri dan bisa menjadi bagian dari pengembangan industri otomotif dalam negeri,” ucap Airlangga.

Presiden Direktur PT SMK, Edi Wirajaya mengatakan, saat ini ia belum dapat memberitahu kapan mobil esemka akan diluncurkan. Ia hanya memastikan saat ini perusahaannya sudah memiliki 1 pabrik untuk mengakomodir keperluan produksi di Boyolali, Jawa Tengah.

Namun, untuk saat ini mobil yang akan diproduksi baru mencapai jenis pick up. Untuk mobil penumpang, Edi menyatakan bahwa PT SMK belum akan menjadikan itu sebagai fokus saat ini.

Passengger car belum karena kita masih dedikasikan untuk pick up komersial. Kita sedang berproses kita akan infokan apabila akan launching produk,” ucap Edi kepada wartawan saat ditemui di Kemenperin pada Selasa (13/8/2019).

Soal kapan truk ini akan diluncurkan ia menyebutkan perkiraan dapat dilakukan pada tahun 2019 ini juga. “Mudah-mudahan (tahun 2019 ini). Doakan saja,” ucap Edi.



Baca juga artikel terkait MOBIL ESEMKA atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight