Seberapa Besar Peluang Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala AFC U-19?

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 24 Oktober 2018
Dibaca Normal 2 menit
Ada sejumlah skenario--dari yang sederhana hingga rumit--bagi Timnas U-19 Indonesia untuk lolos ke 8 besar AFC U-19.
tirto.id - Timnas U-19 Indonesia berada di antara situasi hidup dan mati jelang laga pamungkas Grup A Piala AFC U-19 2018, Rabu (24/10/2018). Hari ini, skuat asuhan Indra Sjafri akan menantang Timnas U-19 UEA, sementara di saat bersamaan duel lain mempertemukan Qatar vs Taiwan.

Posisi Indonesia di klasemen sejauh ini tak bisa dibilang menguntungkan. Garuda Nusantara berada di posisi ketiga dengan torehan tiga angka, terpaut head to head dari Qatar di urutan dua, dan kalah tiga poin dari pemuncak klasemen Uni Emirat Arab (UEA). Lantas, dengan asumsi hanya akan ada dua tim yang lolos dari Grup A, bagaimana peluang skuat asuhan Indra Sjafri menapakkan kaki di babak 8 besar?

Klasemen Terbaru Grup A

Pos.
Negara
Main
SG
Poin
1
Uni Emirat Arab U-19
2 8 6
2
Qatar U-19
2 0 3
3
Indonesia U-19
2 1 3
4
Taiwan U-19
2 -9 0

Sebagai awalan yang harus diingat, dalam Piala AFC U-19 2018, regulasi pemeringkatan (klasemen) diurutkan berdasarkan jumlah poin. Jika ada tim dengan poin sama, maka berikutnya yang akan dilihat adalah head to head (rekor pertemuan) antara kedua tim yang berpoin sama tersebut. Lantas, jika ada tiga tim atau lebih dengan poin sama, maka yang akan dihitung adalah selisih gol.

Berikut beberapa asumsi atau skenario yang bisa meloloskan Indonesia ke fase 8 besar

Menang Kontra UEA

Cara paling realistis dan sederhana bagi Indonesia untuk lolos ke 8 besar adalah menang atas UEA di laga pamungkas. Skenario ini paling sederhana lantaran dengan meraih kemenangan, Garuda Nusantara dipastikan unggul head to head atas UEA. Sebagaimana regulasi yang ada, head to head merupakan pertimbangan kedua untuk pemeringkatan di fase Grup AFC U-19, setelah perolehan poin.

Bahkan, jika Indonesia bisa meraih kemenangan dengan selisih minimal dua gol atas UEA, mereka bisa menjadi juara grup. Andai Indonesia hanya menang dengan selisih satu gol sekali pun, mereka tetap bisa lolos. Namun perlu diingat, jika Indonesia hanya menang dengan selisih sebiji gol, kemungkinan besar skuat asuhan Indra Sjafri hanya akan lolos ke 8 besar dengan predikat runner-up (bukan juara grup).

Apapun itu, pada akhirnya jika tak ingin bergantung pada hasil laga lain (Qatar vs Taiwan), yang dibutuhkan Timnas U-19 Indonesia untuk lolos ke 8 besar Piala AFC U-19 adalah menang atas UEA.


Jika Imbang, Perlu Mempertimbangkan Hasil Laga Lain

Andai pun Indonesia hanya bisa bermain imbang di laga pamungkas kontra UEA, mereka tetap dimungkinkan lolos ke babak 8 besar. Namun, dengan catatan Garuda Nusantara harus bergantung pada hasil laga lain yang mempertemukan Qatar vs Taiwan.

Apabila saat Indonesia bermain imbang dengan UEA, Qatar takluk dari Taiwan, maka Garuda Nusantara bisa lolos. Pasalnya, kekalahan dari Taiwan bakal membuat torehan poin Qatar tetap tiga angka. Pada saat bersamaan, jika bermain imbang dengan UEA Garuda Nusantara akan mengemas empat poin dan naik ke urutan dua menggeser Qatar.

Ada pula catatan lain. Jika lolos dengan skenario ini, maka bisa dipastikan jika status Indonesia hanya akan jadi runner-up (bukan juara grup).

Sebenarnya, Kalah Pun Bisa Lolos

Jalan Indonesia lolos akan tetap ada meskipun mereka takluk dari UEA. Namun, situasinya bisa lebih rumit. Untuk lolos dengan skenario ini, pada saat bersamaan Taiwan harus mampu menaklukkan Qatar, namun tidak dengan selisih empat gol. Bila kondisinya demikian, maka Taiwan akan finis di atas Qatar sekaligus di bawah Indonesia (mempertimbangkan selisih gol, karena head to head rata). Artinya, Indonesia bisa lolos sebagai runner-up.

Di atas kertas, skenario terakhir ini jelas yang paling sulit terwujud. Pasalnya, jika hendak berpikir realistis, kemungkinan Taiwan untuk mengalahkan Qatar relatif kecil. Seperti kita ketahui, dalam dua laga awal Taiwan bahkan jadi bulan-bulanan Indonesia (3-1) dan UEA (8-1).

Nah, dengan mengetahui semua itu, rasanya kesimpulan akhir tetap akan kembali ke poin pertema: cara paling sederhana bagi Indonesia untuk lolos adalah dengan mengalahkan UEA.

Baca juga artikel terkait PIALA AFC U-19 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight