SEA Games 2019: Kontingen Terakhir Angkat Besi Berhasil Kunci Emas

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 4 Desember 2019
Atlet angkat besi terakhir Indonesia, Rahmat Abdullah sukses menggenapi perolehan medali Indonesia di klasemen SEA Games 2019 jadi 16.
tirto.id - Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah berhasil membawa pulang medali emas angkat besi nomor 73 kilogram putra dalam perlombaan yang dihelat di RMSC Ninoy Aquino Stadium, Filipina, Rabu (4/12/2019). Dalam babak final yang diikuti empat lifter dari empat negara berbeda, Rahmat sukses menorehkan total angkatan terbaik seberat 322 kilogram.

Angkatan Rahmat terdiri dari 145 kilogram snatch dan 177 clean and jerk. Torehan ini tidak mampu dikejar peraih perak asal Vietnam, Pham Tuan Anh yang menorehkan angkatan terbaik 304 kilogram dengan proporsi 136 kilogram snatch dan 168 clean and jerk.

Di belakang Pham, muncul sebagai peraih perunggu adalah wakil Malaysia, Erry Hidayat Muhammad. Erry mencatatkan angkatan terbaik 300 kilogram dengan proporsi 132 kilogram snatch dan 168 clean and jerk.

Sebagai catatan, 73 kilogram putra adalah nomor terakhir yang dilombakan dalam cabor angkat besi SEA Games 2019.


Keberhasilan Rahmat menempatkannya sebagai lifter keempat Indonesia yang sukses menyabet medali emas di Filipina. Sebelumnya berturut-turut torehan yang sama didapat Eko Yuli Irawan (61 kilogram putra), Windy Cantika Aisah (49 kilogram putri) dan Deni (67 kilogram putra).

Selain torehan-torehan tersebut, kontingen angkat besi Indonesia sempat menorehkan pula satu perak dan lima perunggu. Medali perak tercatat atas nama Lisa Setiawati di kelas 45 kilogram putri, sementara perunggu masing-masing diraih Surahmat Wijoyo (55 kilogram putra), Study Bernadicta (64 kilogram putri), Tsabitha Ramadani (71 kilogram putri), Putri Andriani (59 kilogram putri), Juliana Klarisa (55 kilogram putri).


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Agung DH
DarkLight