SEA Games 2019: Edgar Marvelo Raih Emas Pertama Wushu

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 3 Desember 2019
Edgar Xavier Marvelo menjadi penyumbang emas pertama dari cabor wushu, sekaligus emas ketujuh Indonesia.
tirto.id - Perolehan medali emas kontingen Indonesia di SEA Games 2019 bertambah jadi tujuh keping per Selasa (3/12/2019) pagi. Adalah atlet wushu andalan Indonesia sekaligus juara dunia, Edgar Xavier Marvelo yang berhasil membuat lagu Indonesia Raya berkumandang di World Trade Center Halls, Manila.

Turun dalam kelas taolu daoshu/gunshu combined putra, Edgar menjadi yang terbaik dengan torehan nilai 19,36. Angka ini mengalahkan wakil Singapura, Jowen Lim yang jadi peraih perak dengan torehan 19,32. Sementara medali perunggu diraih Tran Xuan Hep, pewushu asal Vietnam dengan catatan 19,30.

Keberhasilan ini menjadi penawar bagi Edgar lantaran sempat gagal meraih medali saat turun pada kelas Taolu Changquan, Minggu (1/12/2019).

Kala itu Edgar hanya menempati urutan empat lantaran mendapat pengurangan poin 0,1 dari wasit. Akibatnya Edgar hanya dapat meraih nilai 9,59. Dia terttinggal dari atlet Singapura Yong Yi Xiang yang merebut medali emas dengan bekal poin 9,70. Sementara Wong Weng Son dari Malaysia dengan torehan poin 9,68 dan Tran Xuan Hiep (9,60) dari Vietnam melengkapi podium peraih medali hari ini.


Bagi kontingen wushu sendiri, keberhasilan ini adalah emas pertama. Sebelumnya capaian terbaik kontingen wushu adalah medali perak, yang diraih Harris Horatius pada kelas seni tunggal putra, Senin (2/12/2019) kemarin

Torehan ini masih bepeluang terus bertambah lantaran hari ini cabor wushu masih akan mempertandingkan sejumlah nomor lain.

Adapun secara umum kontingen Indonesia kini masih menempati peringkat empat perolehan medali. Hingga artikel ini dirilis, total medali yang berhasil dikumpulkan adalah tujuh emas, 11 perak dan 12 perunggu.

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Agung DH
DarkLight