SEA Games 2019: Cabor Boling Raih Emas Pertama Indonesia Hari Ini

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 4 Desember 2019
Indonesia memperbaiki posisinya di klasemen perolehan medali SEA Games 2019 berkat emas dari cabor boling.
tirto.id - Kontingen SEA Games Indonesia akhirnya berhasil mendulang medali emas pertama untuk hari Rabu (4/12/2019) ini. Cabor boling, tepatnya pada nomor ganda putra keluar sebagai pemecah kebuntuan.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Coronado Lanes Starmall Edsa, Filipina, duet Muhammad Islam Billy dan Hardy Rahman keluar sebagai yang terbaik. Total skor yang dibukuka keduanya, 2.592 tak bisa disamai oleh wakil Thailand, Atchariya Cheng dan Surasak Manuwong.

Ganda asal Negeri Gajah Putih ini total cuma bisa menorehkan poin 2.564 dan berhak atas medali perak. Capaian mereka tak terpaut begitu jauh dari wakil Malaysia yang menyabet perunggu, Tun Luqman Al-Hakim dan Rafiq Ismail Muhammad.

Catatan ganda Indonesia ini tidak saja menjadi emas pertama Indonesia di hari Rabu, tapi juga jadi emas pertama yang diraih kontingen boling Indonesia secara keseluruhan.


Billy dan Hardy sebenarnya tidak ditarget emas; PB hanya menargetkan tiga emas boling dari tunggal putra dan putri serta master. Namun, dengan catatan ini kontingen boling berpeluang melampaui target yang dibebankan.

Bagi kontingen Indonesia sendiri, emas cabor boling ini jadi yang ke-14. Di saat hampir bersamaan, satu emas lain hari ini disumbang oleh kontingen ganda putra bulu tangkis.

Saat ini Indonesia menempati peringkat empa klasemen perolehan medali dengan 14 emas, 20 perak dan 21 perunggu, tepat di belakang Malaysia yang mengumpulkan 19 emas di urutan ketiga.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Agung DH
DarkLight