Satgas COVID-19 Siap Jawab Pertanyaan Soal Vaksin & Vaksinasi

Oleh: Iswara N Raditya - 14 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Satgas Penanganan COVID-19 menegaskan siap menjawab semua pertanyaan masyarakat mengenai vaksin maupun program vaksinasi.
tirto.id - Satuan Tugas Penanganan (Satgas) COVID-19 menegaskan siap menjawab semua pertanyaan masyarakat mengenai vaksin maupun program vaksinasi yang akan segera dilakukan oleh pemerintah dalam upaya mengakhiri pandemi Corona. Satgas Penanganan COVID-19 juga akan selalu memberikan sosialisasi terkait perkembangan vaksin dan vaksinasi.

“Kami memahami, ada beberapa informasi [terkait vaksin dan vaksinasi] yang mungkin masih sulit dimengerti [oleh masyarakat],” buka Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito, dalam agenda keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (12/1/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, dikutip dari laman resmi Satgas Penanganan COVID-19.

“Maka dari itu, perihal vaksinasi akan terus disosialisasikan secara masif dan terus menerus untuk menjawab pertanyaan seputar vaksin yang ada di masyarakat saat ini," lanjutnya.

Wiku Adisasmito menegaskan bahwa sosialisasi mengenai vaksin dan program vaksinasi sudah disampaikan secara masif melalui saluran informasi milik pemerintah, serta dibantu oleh berbagai media massa nasional.

Kepada media, Wiku Adisasmito mewakili Satgas Penanganan COVID-19 berharap agar informasi yang disampaikan dapat benar-benar dimengerti oleh masyarakat dengan mudah dan terjaga validitasnya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, pernah menegaskan bahwa pemerintah menjamin keakuratan dan kredibilitas informasi mengenai vaksin dan program vaksinasi COVID-19 yang disampaikan kepada masyarakat.

"Pemerintah memastikan bahwa informasi terkait kedatangan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 terus disampaikan kepada masyarakat secara akurat, kredibel, dan proaktif," kata Menkominfo dalam konferensi pers virtual kedatangan vaksin COVID-19 beberapa waktu lalu dikutip dari Antara.

"Informasi mengenai perkembangan terbaru terkait vaksin maupun vaksinasi COVID-19 ini diharapkan dapat menjadi acuan kita semua dalam mendukung, mengawal, dan mendorong suksesnya vaksinasi COVID-19 di seluruh penjuru negeri kita," tambahnya.


Terkait juru bicara resmi yang bertugas menyampaikan segala informasi mengenai vaksin dan program vaksinasi COVID-19, pemerintah telah menunjuk 5 orang dari 4 institusi terkait.

Kelima juru bicara itu adalah Wiku Adisasmito dan Reisa Broto Asmoro dari Satgas Penanganan COVID-19, Siti Nadia Tarmizi dari Kementerian Kesehatan, Lucia Rizka Andalusia dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), serta Bambang Heriyanto dari PT Bio Farma.

“Informasi terkait vaksinasi ini dapat diakses melalui otoritas pemerintah yang berasal dari kelima juru bicara,” kata Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, dalam Konferensi Pers Perencanaan Distribusi dan Quality Control Vaksin COVID-19 di Jakarta, Selasa (08/12/2020).

Dedy Permadi meminta kepada seluruh media agar merujuk kepada pernyataan dari kelima Jubir vaksin COVID-19 resmi yang telah ditunjuk oleh pemerintah sesuai dengan keahlian dan kewenangan lembaga masing-masing.

“Kami berharap dengan pengelolaan komunikasi publik yang terpusat seperti ini, masyarakat tidak dibingungkan oleh informasi dan pernyataan yang simpang siur dari pihak-pihak yang tidak memiliki otoritas atau keahlian pada bidangnya,” papar Dedy Permadi.

Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight