Rundown Debat Kedua Pilpres 2019 yang Dimulai Pukul 20.00 Malam Ini

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 17 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Debat kedua Pilpres akan terdiri dari 6 segmen dengan durasi sekitar 1 jam 34 menit dan dimulai pukul 20.00 WIB.
tirto.id - Debat kedua Pilpres 2019 akan digelar malam ini, Minggu (17/2/2019) di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta. Debat kali ini akan melibatkan dua capres, Joko Widodo dan Prabowo Subianto dengan tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Menurut rundown yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), debat akan terdiri dari 6 segmen dengan durasi sekitar 1 jam 34 menit dan dimulai pukul 20.00 WIB.

Moderator debat kali ini adalah Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. Segmen 1 akan dimulai dengan opening ceremony, dilanjutkan pembacaan visi misi capres sesuai tema yang telah ditetapkan di atas. Selanjutnya pengundian pertanyaan untuk pendalaman visi misi dan debat eksploratif dengan video.

Segmen 2 akan dilakukan pendalaman visi misi capres sektor infrastuktur dan energi dan pangan. Segmen ini akan terdiri pertanyaan jawaban, dan tanggapan dari masing-masing capres.

Moderator akan membacakan pertanyaan pada capres 01 dan akan dijawab dalam waktu 2 menit. Capres 02 menanggapi jawaban capres 01 dalam waktu maksimal 1 menit hingga tiba giliran capres 02 untuk menjawab pertanyaan dan ditanggapi capres 01.





Segmen 3 akan mendalami visi misi sektor sumber daya alam dan lingkungan hidup. Segmen ini akan serupa dengan segmen 2, di mana terjadi tanya jawab dan tanggapan dari para capres.

Sementara Segmen 4 adalah saatnya capres untuk melakukan debat eksploratif, dengan ketentuan:
  1. Pertanyaan telah diaktualisasikan dalam bentuk video, dan berasal dari panelis.
  2. Video telah dipilih oleh Ketua KPU RI di segmen pertama.
  3. Durasi total debat 16 menit, dan moderator berhak mengatur jalannya debat agar memberikan esensi debat dan menampilkan keberimbangan bagi kedua capres.
  4. Masing-masing diberikan kesempatan untuk saling menanggapi.
Segmen 5 yaitu debat inspiratif dengan ketentuan sebagai berikut.
  1. Capres diberikan kesempatan untuk saling bertanya dan saling menanggapi.
  2. Pertanyaan seputar tema debat: infrastruktur, energi dan pangan, SDA dan lingkungan hidup.
Segmen 6 menjadi bagian penutup yang terdiri dari closing statement capres 01 disusul capres 02 dan closing program yang dilanjutkan penampilan penyanyi dan angklung.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Politik)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH