Rizieq Shihab Masih Terdaftar di TPS 45 Petamburan III

Oleh: Dea Chadiza Syafina - 17 April 2019
Rizieq Shihab, tokoh pendiri FPI, terdaftar di TPS di Petamburan meski sudah mencoblos di Mekkah.
tirto.id - Nama tokoh Front Pembela Islam (FPI) Mohammad Rizieq terdaftar di Tempat Pemungutan Suara 045 RT 001, 002, RW 004, Kelurahan Petamburan.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 045, Jeky Armando, mengungkapkan nama Rizieq Shihab masih tertera sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 045 meski yang bersangkutan tidak menggunakan hak suaranya di Indonesia.

"Saya pastikan Rizieq Shihab tidak mencoblos di sini. Dia sudah mencoblos di Arab. Untuk urusan surat, sudah saya serahkan ke Kelurahan," jelas Jeky kepada wartawan di lokasi.
Nama Mohammad Rizieq terdaftar sebagai DPT nomor urut 189 dan merupakan satu dari 248 DPT TPS 045. Di TPS ini, DPT laki-laki berjumlah 123 orang dan perempuan berjumlah 125 orang.

Rizieq Shihab sudah menggunakan hak pilih dan hak suaranya lebih dulu di Mekkah, Arab Saudi, pada Jumat, 12 April, akhir pekan kemarin.


Rizieq pergi ke Mekkah setelah Polri menjeratnya dalam kasus dugaan pornografi pada akhir April 2017. Pada 21 Februari 2018, Rizieq dikabarkan bakal pulang ke Jakarta. Jemaahnya, yang mayoritas anggota FPI, berbondong-bondong menjemput Rizieq di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Namun, heboh-heboh kepulangan sang Imam Besar batal.

Meski sudah dua tahun meninggalkan Indonesia, Rizieq masih punya pengaruh dalam politik elektoral pada Pemilu 2019. Ia tetap minta anggota FPI untuk mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Dea Chadiza Syafina
(tirto.id - Politik)

Reporter: Dea Chadiza Syafina
Penulis: Dea Chadiza Syafina
Editor: Fahri Salam