Riqui Puig Sumbang Assist dalam Debut Resmi di Barcelona

Oleh: Fitra Firdaus - 6 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Riqui Puig baru saja menjalani debut resmi bersama Barcelona pada Kamis (6/12/2018) melawan Cultural Leonesa.
tirto.id - Riqui Puig menjalani debut di pertandingan resmi Barcelona ketika timnya berjumpa Cultural Leonesa pada Kamis (6/12/2018). Pemain berusia 19 tahun tersebut menciptakan satu assist dalam laga leg kedua babak 32 besar Copa del Rey yang digelar di Camp Nou.

"Mengenakan nomor punggung 28, sang remaja Catalan masuk lapangan pada menit ke-55, menggantikan Oriol Busquets. Puig mengemas assist untuk gol kedua Denis Suárez malam itu, pada menit ke-70, membantu Barca mengembalikan keunggulan tiga gol.

"Dalam 30 menit, Puig menyelesaikan 30 operan dan tiga kali sukses merebut bola," demikian tulis situs Barcelona pada Kamis (6/12).

Kehadiran Riqui Puig di tim utama sudah lama ditunggu-tunggu. Pasalnya, sang gelandang sudah dibawa pelatih Ernesto Valverde dalam tur musim panas Barcelona.

Berdasarkan statistik Soccerway, Riqui Puig tampil dalam 3 pertandingan di International Champions Cup 2018, dengan total 152 menit.

Penampilannya terutama ketika melawan AC Milan pada 4 Agustus 2018 menuia banyak pujian. Bahkan pelatih Milan, Gennaro Ivan Gattuso menuturkan cara Puig mengolah bola bagaikan puisi.

"Riqui spektakuler. Meskipun mereka (Barca) memiliki pemain seperti anak-anak, cara mereka mengolah bola membuat saya kagum. Inilah keindahan sepak bola, seperti puisi," kata Gattuso dikutip ESPN.

Faktanya, tampil cemerlang di pramusim tidak membuat Puig begitu saja masuk ke dalam tim utama Barcelona. Puig yang sudah ada di Barcelona B sejak musim lalu, memperdalam pengalamannya di Segunda Division B musim ini.

Sang gelandang asal Spanyol ini tampil dalam 14 laga, setara dengan 957 menit. Ia masuk tim inti 10 kali, dan datang dari bangku cadangan 4 kali. Sebelum debut di tim utama Barca Kamis (6/12) ini, Puig turun dalam laga kontra Valencia B pada Sabtu (1/12).

Terkait performa Riqui Puig dalam laga kontra Cultural Leonesa, Ernesto Valverde enggan untuk berbicara panjang. Ia menyiratkan, Puig memang bersinar, tetapi akan tetap dibuat "menjejak tanah".

"Ini adalah langkah pertama dari karier yang panjang. Dia pemain yang tidak bersembunyi, dan selalu ingin mendapatkan bola. Tapi, Anda harus sabar dengan mereka (para pemain muda)," kata Valverde dikutip Marca.

Valverde tahu benar tentang mengelola pemain muda. Bukan hanya karena ia sudah sekian lama menjadi pelatih, sejak menangani Bilbao Athletic pada 2002. Tetapi juga karena Valverde adalah salah satu sosok yang membantu Puig bertahan di Barca.

Rafa Cabeleira dari El Pais menyebutkan, dengan perkembangan fisik yang kurang memenuhi syarat, kontrak Riqui Puig nyaris tidak diperpanjang. Namun, Valverde menyukai permainan sang gelandang.

Di ujung cerita, Puig mendapatkan kontrak baru pada Juni 2018 lalu, selama tiga musim, dengan opsi penambahan 2 musim, dan klausul pemutusan kontrak sebesar 100 juta Euro.





Baca juga artikel terkait BARCELONA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
Dari Sejawat
Infografik Instagram