Rilis Oppo F7 dan Xiaomi Redmi Note 5 Jeda Sehari, Pilih Mana?

Oleh: Ibnu Azis - 16 April 2018
Dibaca Normal 2 menit
Xiaomi Redmi Note 5 dan Oppo F7 diperkenalkan di Indonesia pada waktu yang hampir bersamaan atau hanya jeda sehari.
tirto.id - Oppo dan Xiaomi akan meluncurkan dua smartphone baru di Indonesia pada waktu yang hampir bersamaan. Oppo F7 akan dirilis, Selasa, 17 April, sementara Xiaomi Redmi Note 5 bakal diperkenalkan keesokan harinya, Rabu, 18 April 2018.

Xiaomi terlebih dahulu mengumumkan jadwal kehadiran Redmi Note 5 pada 3 April lalu lewat sejumlah akun media sosial mereka, mulai Twitter, Instagram, hingga Facebook.


Dalam satu posting yang diunggah di Twitter, tampak sebuah foto menampilkan kamera ganda Redmi Note 5 yang berposisi sejajar vertikal mirip iPhone X.

Kendati demikian, tak banyak informasi yang bisa digali dari kicauan tersebut, selain tanggal peluncuran dan teaser kamera. Bila berkaca pada perangkat serupa yang dirilis di India, setidaknya bisa diketahui terkait spesifikasi dan harga.

Menariknya, Oppo mengumumkan jadwal peluncuran F7 juga di waktu yang bersamaan tepatnya selang sehari setelah Xiaomi. Hal ini disampaikan Oppo Indonesia melalui keterangan resmi kepada media, Rabu (4/4).

"OPPO F7 sendiri akan diperkenalkan secara resmi di Indonesia pada tanggal 17 April 2018 mendatang," tulis Oppo Indonesia.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5 (India)


Seperti disebut di awal, belum cukup informasi yang bisa dihimpun, selain dari sektor kamera, terkait spesifikasi Redmi Note 5. Namun, bisa dibandingkan dengan perangkat serupa yang dilepas di India pada 22 Februari lalu, bisa dikupas spesifikasi smartphone ini meski belum menjadi jaminan versi Indonesia akan memiliki spesifikasi sama.

Mengutip situs Xiaomi India, Senin (16/4) Redmi Note 5 hadir dengan layar 5,99 inci FHD+ full screen display berdesain melengkung pada empat sudutnya. Karena memiliki aspek rasio layar 18:9, perangkat ini FullVIew dan berbingkai tipis yang dilindungi oleh Gorilla Glass untuk proteksi anti gores, gesek, serta baret.


Smartphone 4G dual SIM ini mengadopsi prosesor Qualcomm yakni chipset Snapdragron 625 clock speed 2,0GHz dengan GPU Adreno 506 yang dipadukan RAM 3/4GB serta ROM 32/64GB.

Pada sektor kamera, Redmi Note 5 dibekali kamera belakang 12MP dengan dual LED flash, PDAF, low light enhancement, HDR, panorama, mode brust, serta face recognition.

Spesifikasi Oppo F7


Sementara itu, meski F7 baru akan diperkenalkan Selasa (17/4) besok, namun Oppo Indonesia telah memajang smartphone ini di situs mereka sekaligus menampilkan spesifikasi lengkap termasuk harga.

Mengutip situs Oppo Indonesia, F7 hadir dengan dimensi 156 x 75,3 x 7,8 mm berbobot 158 gram termasuk baterai. Smartphone ini berjalan di sistem operasi ColorOS 5.0 yang berbasis Android Oreo 8.1.

Di bagian dapur pacu, F7 mengadopsi prosesor MediaTek yakni chipset Helio P60 speed dikunci 2,0Ghz cpu octa-core dengan GPU Mali-G72 MP3 yang dipadukan RAM 4/6GB serta ROM 64/128GB (hingga 256GB via microSD). Kombinasi tersebut ditopang baterai 3400mAh.


Pada bagian layar, F7 hadir dengan layar "poni" atau notch yang memiliki diagonal 6,23 inci FHD+ resolusi 2280 x 1080 piksel bertipe LTPS IPS TFT. Terima kasih berkat rasio 19:9 yang membuat layar F7 tampak penuh dengan bingkai super tipis menyerupai iPhone X dari Apple.

Sementara di sektor kamera, Oppo F7 mengandalkan kamera dengan beresolusi tinggi 25MP bukaan f/2.0 yang dilengkapi fitur A.I Beauty 2.0 dan kamera belakang 16MP bukaan f/1.8 dengan LED flash.

Harga


Sayangnya Xiaomi Indonesia masih belum mengungkap harga Redmi Note 5. Kendati demikian apabila berkaca dari harga jual di India, perangkat ini dibanderol 9.999 Rupee atau sekitar Rp2,2 juta.

Sementara itu, meski hadir dalam dua varian yakni F7 dan F7 128GB, Oppo Indonesia baru mengungkap harga F7 reguler yakni Rp4.199.000 yang masa presale telah dibuka sejak 13 April lalu melalui saluran pembelian online terpilih, Shopee.

"Akhirnya kami bisa mengadakan presale OPPO F7 di Indonesia, ini merupakan respons kami atas tingginya minat konsumen untuk segera memiliki perangkat ini di Indonesia," kata Alinna Wenxin selaku Marketing Director OPPO Indonesia pada Kamis (12/4) lalu.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Ibnu Azis
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis