Review Sofa Kuning by Mola TV yang Tayang di NET TV

Oleh: Balqis Fallahnda - 18 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sofa Kuning adalah gebrakan positif dari Mola TV dan NET TV mengingat saat ini jarang stasiun TV siarkan acara yang benar-benar khusus untuk anak-anak.
tirto.id - Program acara Sofa Kuning persembahan Mola TV tayang setiap hari Sabtu pukul 18.30 WIB di NET TV. Sofa Kuning telah tayang perdana sejak 22 Agustus 2020.

Sofa Kuning merupakan acara yang mengusung tema bernyanyi lagu Indonesia bersama anak tercinta. Acara ini adalah tayangan interaktif yang mengajak anak bernyanyi sambil belajar pengetahuan umum.

Pada awal acara pemirsa akan menjumpai dua host yaitu pasangan Aqi Singgih dan Audrey, serta dua anak mereka yaitu Rukha dan Gaia. Mereka bernyanyi bersama di atas sofa kuning. Setelah bernyanyi akan disajikan sesi tanya jawab yang berhubungan dengan lagu yang telah dinyanyikan tadi.

Pada salah satu episode, misalnya, Sofa Kuning membawakan lagu bertema peternakan yaitu "Aku Anak Gembala" ciptaan A. T. Mahmud.

Selanjutnya ada beberapa kuis tentang lagu tersebut dalam beberapa pertanyaan yang dapat menjadi metode pembelajaran bagi anak.

Sesi ini tidak hanya mengajak anak bernyanyi, karena juga memandu anak untuk menyimak dan mengingat isi dari lagu yang mereka nyanyikan, ditambah lagi ada beberapa pertanyaan yang mengandung pengetahuan umum untuk anak.

Untuk menjawab pertanyaan pada tayangan ini, pemirsa di rumah dapat mengunduh aplikasi Mola TV dan mendapatkan poin di akhir acara. NET TV juga menawarkan hadiah total ratusan juta rupiah setiap minggunya.

Acara ini juga memiliki tayangan yang menarik bagi si buah hati dengan menambahkan animasi yang ikut bernyanyi bersama dengan si kecil di rumah.

Tak lupa juga aransemen lagu anak Indonesia yang dinyanyikan telah digubah agar semakin menarik di dengar dan lebih kekinian. Lagu-lagu tersebut juga bisa ditambahkan ke dalam playlist lagu favorit karena sudah tersedia di Spotify.


Mengapa Sofa Kuning Layak Ditonton?

Sofa Kuning merupakan gebrakan positif dari Mola TV dan NET TV mengingat sudah sangat jarang stasiun televisi mempersembahkan tayangan yang benar-benar khusus untuk anak-anak.

Apalagi lagu yang dinyanyikan dalam tayangan ini adalah lagu anak Indonesia yang patut untuk diperkenalkan kepada anak-anak di tengah penetrasi global lagu dari luar negeri.

Anak Indonesia generasi saat ini mungkin lebih akrab dengan lagu "Baby Shark" ketimbang lagu "Potong Bebek Angsa" atau "Kring Kring Ada Sepeda".

Hal yang lebih memprihatinkan lagi adalah anak-anak Indonesia saat ini lebih hafal dengan lagu-lagu orang dewasa ketimbang lagu anak-anak yang sesuai usianya.

Sebenarnya musik yang baik dinilai mampu merangsang berbagai indera dan membantu anak-anak dalam belajar dan meningkatkan keterampilan bahasa.

Bagi tumbuh kembang anak, musik berperan dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan, membaca, dan menulis, meningkatkan kelancaran berbicara, dan komunikasi. Hal ini seturut penelitian Charlotte P. Mizener yang dipublikasi oleh Sage Journal.

Dalam jurnal itu dijelaskan bahwa kegiatan bermusik memperkuat banyak aspek perkembangan bahasa. Mengucapkan dengan irama, bernyanyi, dan mendengarkan adalah semua pengalaman yang mendukung perkembangan bahasa bagi anak.

Dengan menyanyikan lagu, anak-anak dapat belajar kata-kata baru dengan cara yang menyenangkan dan tentu saja belajar cara mengucapkannya.

Selain itu, pemilihan jam tayang pada Sabtu pukul 18.30 WIB cukup tepat. Akhir pekan atau malam minggu adalah waktu anak libur sekolah sekaligus quality time keluarga.

Acara Sofa Kuning juga bisa disaksikan secara streaming di Mola TV melalui tautan ini.


Baca juga artikel terkait MOLA TV atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Film)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Ibnu Azis
DarkLight