Resep Telur Masak Nanas Bernutrisi dan Lezat untuk Buka Puasa

Oleh: Yonada Nancy - 29 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara membuat menu buka puasa dari telur dan nanas.
tirto.id - Telur mengandung banyak nutrisi sehingga sisebut sebagai salah satu 'superfoods'. Telur utuh kaya akan banyak nutrisi termasuk vitamin B, kolin, selenium, vitamin A, zat besi dan fosfor.

Selain itu, telur juga mengandung kualitas protein yang baik. Protein dalam telur dapat membantu orang merasa kenyang lebih lama sehingga cocok dikonsumsi selama berpuasa.

Telur dapat memberikan manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Dilansir dari Medical News Today, konsumsi telur mampu menjaga kesehatan mata. Hal ini karena kandungan lutein dan zeaxanthin dalam telur membantu mencegah degenerasi makula, penyebab utama kebutaan terkait usia.

Telur juga mengandung asam folat yang baik untuk ibu hamil. Asam folat dikenal mampu membantu pertumbuhan sel janin dan mencegah cacat bawaan, seperti spina bifida.

Konsumsi telur pada ibu hamil perlu diperhatikan. Pastikan untuk memasak telur dengan matang untuk mencegah kontaminasi bakteri salmonela. Selain itu telur juga mengandung selenium yang tinggi untuk menjaga imunitas tubuh dan mengurangi risiko keguguran.

Mengonsumsi telur bisa jadi membosankan. Hal ini karena olahan telur yang monoton seperti di rebus, digoreng, atau di dadar. Padahal telur bisa diolah menjadi macam-macam masakan. Bagi para pecinta pedas dan asam cobalah untuk membuat telur masak nanas. Olahan telur ini cocok untuk dijadikan lauk pendamping nasi.

Bahan

4 butir telur rebus, kupas kulitnya

Minyak secukupnya untuk menggoreng dan menumis

3 lembar daun jeruk

1 batang serai, memarkan

3 cm lengkuas, memarkan

300 ml santan dari 1/2 butir kelapa

1/4 buah nanas, kupas, potong besar-besar

Haluskan

5 butir bawang merah

3 siung bawang putih

5 cabai merah keriting

1/2 sendok teh merica

2 butir kemiri

garam secukupnya

Cara Membuat

    • Goreng telur yang sudah direbus dan dikupas dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Tiriskan dan sisihkan.
    • Panaskan minya, tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan daun jeruk, serai, lengkuas, hingga harum dan matang. Tuangkan santan, masak sambil terus diaduk hingga mendidih.
    • Masukkan telur, masak dengan api kecil hingga kuah berkurang setengahnya. Tambahkan nanas yang sudah dipotong, aduk sebentar. Angkat dan sajikan.

Baca juga artikel terkait RESEP MASAKAN atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Hobi)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora
DarkLight