Rekor Perempuan Tanah Jahanam Joko Anwar: 1 juta Penonton 9 Hari

Oleh: Sirojul Khafid - 29 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Perempuan Tanah Jahanam meraih 1 juta penonton dalam 9 hari penayangan
tirto.id - Perempuan Tanah Jahanam (PTJ) menempati posisi puncak penjualan tiket di Indonesia saat ini. Dilansir Film Indonesia dan akun instagram Tanah Jahanam film ini meraih 1 juta penonton dalam 9 hari penayangan. Joko Anwar sebagai sutradara dalam akun instagramnya menulis, film PTJ telah mendapatkan 1.133.160 penonton dalam 11 hari penayangan, sejak rilis 17 Oktober 2019.

Dilansir Variety,
saat debut di 300 bioskop, film dengan judul Internasional Impetigore ini mendapatkan 117 ribu penonton.

PTJ bercerita tentang Maya dan Dini yang bekerja keras bertahan hidup di kota. Maya tidak punya keluarga di Jakarta, sehingga adanya Dini menjadi salah satu hal penting dalam hidupnya.

Maya dan Dini bertahan hidup dengan berbagai cara, termasuk berbisnis. Namun kegagalan selalu mengikuti mereka. Hingga suatu ketika, Maya mendapat informasi bahwa ada kemungkinan dia mempunyai harta warisan keluarga di kampung asalnya. Bermodal informasi itu, Maya bersama Dini menuju kampung tempat keluarganya tinggal dahulu.

Sesampainya di kampung, Maya dan Dini sampai di rumah besar yang kosong. Situasi sekitar juga terlihat aneh, salah satunya banyak kuburan anak-anak. Hingga pada suatu malam, Maya mendengar jeritan perempuan yang hendak melahirkan. Maya menuju asal suara dan menyaksikan proses kelahiran anak tersebut.

Dari situlah, sedikit demi sedikit, misteri kampung yang kini ditinggali Maya dan Dini mulai terungkap.

Beberapa pemain yang bergabung di antaranya Tara Basro, Ario Bayu, Marissa Anita, Asmara Abigail dan Christina Hakim.

Dalam produksinya, PTJ hadir dalam kerjasama antara CJ Entertainment (Korea Selatan), Rapi Film dan Logika Fantasi (Indonesia) serta Base Entertainment dan Ivanhoe Pictures (Hollywood).

Produser PTJ sendiri yaitu John Penotti, Mike Hogan dan Winnie Lau. John Penotti sebelumnya juga merupakan produser Crazy Rich Asian.

Sebelum film ini, Joko Anwar telah menyutradarai film Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot (2019), Pengabdi Setan (2017), A Copy of My Mind (2015), Modus Anomali (2012), Pintu Terlarang (2009), Kala (2007) dan Janji Joni (2005).

Selama penayangannya, Pengabdi Setan mendapatkan penonton sebanyak 4,2 juta, seperti diwartakan Film Indonesia.

Joko Anwar juga merupakan penulis naskah beberapa film seperti Orang Kaya Baru (2019), Stip dan Pensil (2017), Fiksi (2008), Jakarta Undercover (2007), Quickie Express (2007) dan Arisan (2003).

Beberapa penghargaan yang pernah dia terima di antaranya pada ajang Piala Citra. Joko berhasil menjadi Penulis Skenario Terbaik tahun 2004 dan 2008 melalui film Arisan dan Fiksi, Sutradara Terbaik tahun 2005 melalui Janji Joni, serta Penulis Skenario Cerita Adaptasi Terbaik tahun 2009 melalui Pintu Terlarang.

Berikut trailer Perempuan Tanah Jahanam.



Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight