Rekonsiliasi Kurangi Jatah Menteri, Nasdem: Kader Kami Profesional

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 9 Juli 2019
Partai Nasdem menyebutkan, politikus dan kader Nasdem semuanya Profesional semua jika isu rekonsiliasi bakal mengurangi jatah menteri.
tirto.id - Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan menteri yang diinginkan Joko Widodo di jajaran kabinet baru adalah profesional atau yang ahli di bidangnya.

Atas dasar itu menurutnya oposisi tak mesti diberi jatah menteri. Sebab menurutnya partai koalisi bisa menyediakan SDM yang cukup memenuhi kriteria itu.

"Nasdem sendiri punya kader profesional itu banyak. Kan, diketahui sudah umum Nasdem diisi tokoh-tokoh profesional," jelas Johnny di Gedung Nusantara II Ruang Rapat Paripurna, DPR, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Oposisi yang disebut-sebut hendak merapat ke Jokowi adalah PAN, Demokrat, dan bahkan Gerindra. Hal tersebut beriringan dengan adanya isu rekonsiliasi yang semakin kuat jelang pembentukan kabinet.

"Kami tak akan sebut jumlah [menteri yang diinginkan]. Bukan jumlah, tapi bagaimana kabinet diisi oleh para profesional," ucapnya.

Jhonny belum tahu berapa jumlah kursi menteri yang akan diberikan oleh Presiden.

"Kan sudah dengar PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) bisa 10 lebih, belum Nasdem, PPP Golkar, PDIP yang semuanya diisi dengan banyak tokoh-tokoh yang mumpuni untuk menjadi anggota kabinet. Ya tentu ini berita baik untuk Presiden Jokowi untuk memilih dari banyak pilihan," tukas dia.


Baca juga artikel terkait REKONSILIASI JOKOWI DAN PRABOWO atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Politik)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno