Rekomendasi Wisata di Dekat Sirkuit Mandalika dan Penginapannya

Penulis: Yandri Daniel Damaledo - 1 Mar 2022 12:41 WIB
Dibaca Normal 5 menit
Kawasan Mandalika, NTB memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik, mulai dari desa Wisata Gili Gede Indah hingga Bukit Merese.
tirto.id - Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 12 November 2021, Sirkuit Internasional Mandalika menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Sirkuit yang memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit itu merupakan sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Menurut jadwal terkini, pada 18-20 Maret 2022 akan digelar Ajang balap internasional MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Dengan prediksi bahwa Mandalika akan didatangi banyak pengunjung, baik turis luar negeri maupun dalam negeri, membuat para pelaku industri pariwisata di Mandalika dapat merasakan angin segar untuk memperkenalkan desa wisata yang ada di wilayah NTB.

Berikut beberapa rekomendasi desa wisata yang patut untuk dikunjungi setelah menonton MotoGP di Mandalika, Senin (28/2) yang dilansir dari Antara.

Desa Wisata Karang Pule

Karang Pule merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram. Di sini, wisatawan dapat berinteraksi secara langsung dengan para perajin, mengenai cara pengolahan mutiara dari awal pengambilan mutiara, berupa bahan mentahnya hingga diproses menjadi cinderamata yang dijual di toko-toko milik warga itu sendiri.

Pantai Kuta Mandalika

Tidak hanya Bali, Lombok juga punya pantai bernama Kuta yang disebut sebagai pantai terpanjang di Mandalika.

Pantai cantik ini berjarak sekitar 18 menit berkendara dari Sirkuit Mandalika dan dikelilingi pepohonan rindang serta gazebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung pantai untuk beristirahat atau berteduh saat matahari terik. Pantai Kuta Mandalika telah dilengkapi dengan fasilitas bermain anak.

Jangan lupa untuk memakai topi bila mampir pada siang hari untuk melindungi diri dari teriknya matahari. Anda bisa berpiknik di tepi pantai, membawa makanan dari rumah, atau makan siang di restoran terdekat.

Warga bertarung dengan menggunakan rotan penjalin dan tameng yang terbuat dari kulit kerbau dalam tradisi Peresean di Kampung Adat Sasak Sade, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (21/1/2020).

Peresean yang merupakan seni tari masyarakat suku Sasak saat ini jadi daya tarik unggulan yang dapat menarik wisatawan baik lokal maupun asing untuk berkunjung ke Kampung Adat Sade.

Desa Wisata Gili Gede Indah

Desa Gili Gede Indah merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Desa wisata ini merupakan desa yang memiliki potensi wisata berupa marine tourism (wisata bahari), di sana terdapat banyak pulau-pulau kecil yaitu Gili Asahan, Gili Rengit, Gili Layar, dan Gili Anyaran.

Gili-gili kecil tersebut terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Di desa wisata ini sudah terdapat beberapa akomodasi mulai dari homestay, dan villa untuk wisatawan yang ingin beristirahat.

Tidak hanya akomodasi, di desa Gili Gede Indah ini juga terdapat warung-warung kecil, toilet, pusat informasi, camping ground, dan pusat kesehatan, sehingga memudahkan bagi para wisatawan.

Desa Wisata Labuan Buwun Mas

Buwun Mas merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Sekotong, kabupaten Lombok Barat. Desa Buwun Mas berbatasan langsung dengan wilayah administratif Kabupaten Lombok Tengah di bagian timur, dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan.

Desa Buwun Mas terkenal memiliki bukit yang indah, padang savana, dengan latar belakang perbukitan dan pantai yang menawan.

Desa Wisata Labuhan Pelangan

Pelangan merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Desa ini merupakan desa wisata berbasis marine tourism (wisata bahari), dan juga desa ini memiliki wisata alam yang indah berupa bentang pantai yang luas, seperti Pantai Mekaki dan Pantai Selindungan.

Selain itu juga terdapat beberapa objek wisata alam berupa air terjun dan bukit yang dapat memanjakan mata wisatawan saat berkunjung ke tempat-tempat ini.

Bukit Merese

Berjarak sekitar 12 menit berkendara dari Sirkuit Mandalika, Bukit Merese wajib masuk ke dalam daftar tempat yang harus Anda datangi.

Meski membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk bisa naik ke puncak bukit, namun lelah serasa akan langsung terbayar oleh cantiknya panorama Mandalika dari ketinggian. Garis Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta serta gradasi warna biru air lautnya semakin memanjakan mata.

Ditambah lagi, rerumputan hijau dan semilir angin laut yang siap menyambut. Datanglah pada petang hari bila ingin melihat matahari terbenam dan kenakan alas kaki yang nyaman untuk mendaki santai.

Pengunjung berada di kawasan wisata Pantai Tanung Aan, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (20/4).

Pantai Tanjung Aan yang menawarkan pesona pasir putih itu merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang banyak diminati para wisatawan.

Desa Wisata Banyumulek

Desa Banyumulek merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Desa Wisata ini merupakan desa yang memiliki potensi wisata berupa kerajinan gerabah, karena Desa Banyumulek merupakan sentra kerajinan gerabah terbesar yang ada di Lombok.

Tidak hanya wisata gerabah, desa ini juga terkenal dengan Wisata Religinya, karena di sana terdapat Masjid yang unik yang bernama “Masjid Kembar Menara Tunggal”.

Desa Wisata Banyumulek ini juga sudah terdapat beberapa homestay untuk wisatawan yang ingin beristirahat atau pun menginap, homestay ini dikelola oleh masyarakat setempat.

Tidak hanya homestay, di Desa Banyumulek juga terdapat warung- warung kecil, toilet, pusat informasi, dan area wifi gratis.

Pantai Tanjung Bongo

Pantai Tanjung Bongo terletak di balik Bukit Merese dan bisa dicapai dengan berjalan kaki, Pantai Tanjung Bongo terbilang masih sepi dan bersih, plus belum banyak yang tahu akan pantai ini.

Pasirnya yang putih halus, makin cantik dengan kombinasi air lautnya yang bening. Di pinggir pantainya terdapat semacam kolam atau jacuzzi alami yang asyik digunakan untuk berendam dan berenang.

Wisatawan berada di kawasan wisata Bukit Merese, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (20/4). Bukit Merese yang menawarkan pesona perbukitan dan panorama pantai dari ketinggian itu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Lombok Tengah

Rekomendasi Hotel dekat Sirkuit Mandalika


Dikutip dari siaran resmi Pegipegi berikut adalah rekomendasi tempat menginap di dekat sirkuit Mandalika yang bisa jadi pilihan Anda.

Origin Lombok

Beralamat di Jalan Sengkol No. 152, Kecamatan Pujut, Kuta, Lombok, Origin Lombok merupakan salah satu hotel yang kental dengan nuansa tropis.

Ada banyak kamar dengan view luar biasa yang mengelilinginya. Ditambah dengan tarif per malam yang relatif terjangkau, Origin Lombok adalah opsi penginapan yang menarik saat menonton MotoGP nanti atau sekadar untuk liburan dan melihat-lihat Sirkuit Mandalika. Anda bisa menemukan kamar yang nyaman, restoran, dan kolam renang di penginapan ini.

Batatu Villa

Hotel di sekitar Sirkuit Mandalika selanjutnya adalah Batatu Villa. Villa yang berada di kawasan Kuta, Lombok ini menawarkan fasilitas eco-wisata dan olahraga luar ruangan termasuk belajar berselancar dan berenang di kolam renang terbuka.

Beberapa tipe kamar dilengkapi dengan kolam renang pribadi untuk liburan lebih berkesan. Selain fasilitas umum yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa menikmati koneksi internet gratis dan tersedia bathtub serta shower di semua tipe kamar.

Novotel Lombok Resort & Villas

Hotel bintang 4 ini hanya terletak kurang lebih 20 menit perjalanan dari Bandara Internasional Lombok. Dari hotel, Anda bisa melihat langsung pemandangan tepi Pantai Putri Nyale yang menenangkan. Hotel ini menyediakan beragam opsi fasilitas yang bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi.

Jika ingin bersantai dengan pasangan, menikmati panorama indah di sekitar hotel bisa jadi pilihan. Namun, jika ingin melakukan aktivitas luar ruangan, penginapan juga sudah menyiapkan berbagai pilihan fasilitas termasuk kelas yoga harian, pusat menyelam, hingga pusat kebugaran.

Puri Rinjani Bungalows

Puri Rinjani Bungalows merupakan akomodasi yang terletak di Kuta Lombok. Berjarak 2 menit dari Pantai Kuta Lombok, holiday park ini dapat ditempuh dalam 30 menit perjalanan dengan menggunakan mobil. Bungalow di Puri Rinjani dilengkapi dengan berbagai fasilitas agar tamu lebih nyaman.

Selain dilengkapi dengan internet gratis, Anda juga bisa menikmati televisi layar datar dengan saluran satelit, lemari hingga brankas.

Semua kamar mandinya dilengkapi dengan fasilitas shower. Jika sedang santai dan tidak ingin melakukan apa pun, Anda bisa memilih duduk santai di area teras dengan tempat duduk yang menghadap langsung ke taman dan kolam renang rimbun hijau yang menyejukkan mata.

Dream Hotel

Kalau Anda mencari penginapan yang bernuansa tradisional, Dream Hotel bisa jadi pilihan. Akomodasi ini berada kurang lebih 2,8 kilometer dari Pantai Serenting dan 15 kilometer dari Bandara Internasional Lombok.

Dengan lokasi yang strategis, Dream Hotel menawarkan taman, teras dan kamar-kamar yang dilengkapi AC sekaligus balkon. Anda pun bisa memilih kamar standard atau kamar bernuansa tradisional.

Profil Kawasan Wisata Mandalika, NTB


Mandalika merupakan kawasan wisata di Kabupaten Lombok Tengah yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo berdasarkan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata.

Kawasan ini diharapkan menjadi tempat wisata yang akan menarik perhatian pelancong karena akan dilengkapi dengan hotel dan fasilitas rekreasi.

Selain fasilitas rekreasi yang menarik, Mandalika juga terkenal dengan upacara Bau Nyale. Secara etimologis, Bau Nyale terdiri dari 2 suku kata, yakni “Bau” dalam bahasa Indonesia yang artinya menangkap; dan “Nyale” adalah cacing lalu yang tergolong jenis filumannelida.

Bau Nyale merupakan sebuah acara perburuan cacing laut. Acara ini diselenggarakan sekitar bulan Februari dan Maret.

Kawasan ini mudah diakses karena hanya berjarak 30 menit dari Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid.

Kawasan ini terbentang dari Pantai Kuta, Pantai Seger, hingga Pantai Tanjung Aan dan menghadap Samudera Hindia ini, diharapkan dapat mengakselerasi sektor pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sangat potensial.

Destinasi wisata Indonesia sangatlah beragam mulai dari sisi perkotaan, gunung, hingga lautan. Para calon wisatawan tidak perlu khawatir.


Baca juga artikel terkait SIRKUIT MANDALIKA atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo


Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Addi M Idhom

DarkLight