Rekomendasi Film Romantis Cina, Chinese Movie untuk Rayakan Imlek

Kontributor: Yunita Dewi - 28 Jan 2022 15:59 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Daftar lima rekomendasi film romantis Cina atau Chinese Movie untuk menyambut perayaan Imlek 2022.
tirto.id - Dalam rangka mengisi hari raya Imlek 2022 yang jatuh pada 1 Februari 2022, menonton film romantis Cina bisa jadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Berikut ini lima rekomendasi film romantis Cina atau Chinese Movie untuk menyambut perayaan Imlek 2022:

1. Finding Mr.Right (2013)


Film yang bertajuk Finding Mr. Right (Bei Jing Yu Shang Xi Ya Tu) dirilis perdana pada 14 Februari 2013. Film yang disutradari Xue Xiaolu ini dibintangi oleh Tang Wei, Wu Xiubo, dan Jason Sudeikis. Dilansir dari situs film IMDb, Finding Mr. Right mendapatkan rating 6.4 dari 10.

Film ini menceritakan tentang seorang wanita yang bernama Wen Jiaji yang tengah mengandung anak dari kekasihnya yang ternyata merupakan seorang koruptor di Beijing. Karena dihadapkan masalah hukum di Beijing, Jiajia kembali ke Seattle supaya dapat melahirkan anaknya di sana.

Sesampainya di Seattle, ia dijemput oleh seorang dokter bernama Frank. Semakin lama hubungan mereka menjadi dekat.

Namun, karena keinginan ayah dari bayinya, Jiajia kembali ke Beijing. Meskipun di sana Jiajia hidup dengan bergelimang harta, ia tidak merasakan kebahagiaan. Ia merasa sangat hampa karena tidak ada yang menyayanginya seperti Frank.

2. Here Me (2009)

Film Here Me (Ting Shuo) pertama kali rilis pada 28 Agustus 2009. Film yang berdurasi 1 jam 49 menit ini disutradarai oleh Cheng Fen-fenn dan dibintangi oleh Eddie Peng, Ivy Chen, Michelle Chen, Lo Bei-an, dan Lin Mei-hsiu. Dikutip dari situs film IMDb, Here Me mendapatkan rating 7.5 dari 10.

Film ini mengisahkan tentang seorang kurir bernama Tian Kuo yang bertemu dengan seorang wanita yang memiliki gangguan pendengaran yang bernama Yang Yang.

Tian Kuo jatuh cinta kepada Yang Yang sehingga membuatnya ingin mempelajari bahasa isyarat. Perjuangannya untuk mendapatkan hati wanita yang didambakan ini diakhiri dengan kisah yang menyentuh hati, lucu sekaligus mengejutkan.

3. My Old Classmate (2014)

Film My Old Classmate (Tong Zhuo De Ni) dirilis perdana pada 25 April 2014. Film yang berdurasi 1 jam 38 menit ini disutradarai oleh Frant Gwo. Film ini dibintangi oleh Zhou Dongyu dan Lin Gengxin. Melansir dari situs film IMDb, My Old Classmate mendapatkan rating 5.5 dari 10.

Film ini mengisahkan tentang Xiaozhi seorang siswi baru yang menjadi teman sebangku Lin Yi. Sejak pertemuan pertama Lin Yi menyukai gadis tersebut. Dalam kesehariannya, kedua sejoli tersebut menjalani kisah manis layaknya anak remaja pada umumnya.

Ketika ujian masuk perguruan tinggi akan dimulai, Xiaozhi memberikan persyaratan kepada Lin Yi apabila ingin menjadi pacarnya. Lin Yi harus masuk universitas yang sama dengannya, yakni di universitas Beijing.

Kemudian, lin Yi menjadi rajin belajar. Namun, ia malah gagal dan akhir masuk ke Universitas Xiamen. Tak disangka, Xiaozhi merelakan Universitas Beijing dan memiliki universitas yang sama dengannya. Hingga akhirnya mereka bersama-sama lagi dan mulai berpacaran.

4. Under the Hawthorn Tree (2010)

Film Under the Hawthorn Tree (Shan Zha Shu Zhi Lian) dirilis pertama kali pada 15 September 2010. Film yang disutradarai oleh Zhang Yimou ini dibintangi oleh Zhou Dongyu dan Shawn Dou. Mengutip dari situs film IMDb, Under the Hawthorn Tree mendapatkan rating 7.1 dari 10.

Film ini menceritakan tentang Jing Qiu, seorang gadis yang hidup di masa revolusi kebudayaan Cina sekitar periode 70-an. Karena melaksanakan program pemerintah untuk menjalani pendidikan ulang, Jing Qiu pergi ke sebuah desa bernama Xiping.

Di desa tersebut, Qiu Jin tinggal bersama keluarga petani yang baik hati. Ia pun berkenalan dengan anak angkat dari keluarga tersebut yang bernama Sun Laosan. Ia merupakan pemuda yang perhatian dan ramah.

Sun Laosan kehilangan ibu kandungnya yang mengakhiri hidup karena dianggap sebagai pemberontak oleh pemerintah Cina. Merasa memiliki kisah hidup yang sama, Jing Qiu dan Sun Laosan saling dekat dan jatuh cinta.

Pada mulanya, keduanya sama-sama jaga jarak karena tidak mudah untuk berpacaran pada situasi politik Cina pada masa itu. Kendati demikian, mereka kedua memutuskan untuk melanjutkan hubungan walaupun resiko besar akan menanti mereka.

5. This Is Not What I Expected (2017)

Film yang berjudul This Is Not What I Expected (Xi Huan Ni) rilis perdana pada 27 April 2017. Film yang disutradarai oleh Derek Hui ini diadaptasi dari novel Finally I Get You karya dari Lan Baise. Dilansir dari situs film IMDb, This Is Not What I Expected mendapatkan rating 6.7 dari 10.

Film ini mengisahkan tentang seorang koki yang bekerja di sebuah restoran bernama Gu Shengnan (Zhou Dongyu). Restoran tersebut berada di sebuah hotel. Gu Shengnan menjalin hubungan dengan manajer hotel tersebut.

Dikarenakan krisis keuangan yang melanda hotel tempat mereka bekerja, keduanya dikeluarkan dari pekerjaan dan putus cinta di saat yang bersamaan.

Hingga pada akhirnya Gu Shengnan menjalin hubungan dengan Lu Jin (Kaneshiro Takeshi) yang merupakan orang sombong yang bertugas mengambil alih hotel tersebut. Walaupun keduanya memiliki kepribadian yang sangat berbeda, mereka dapat saling terikat karena memiliki kecintaan pada makanan.


Baca juga artikel terkait REKOMENDASI FILM CINA atau tulisan menarik lainnya Yunita Dewi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Yunita Dewi
Penulis: Yunita Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight