Rekomendasi Film Horor Sambut Halloween dan Libur Panjang

Oleh: Sirojul Khafid - 29 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Mola TV menghadirkan film horor Seed of Chucky, Annabelle Comes Home, It Chapter Two, dan Us.
tirto.id - Libur panjang telah tiba, dari 28-31 Oktober. Kebetulan pula libur kali ini bertepatan dengan Halloween. Jadi cocok untuk mengisi libur kali ini dengan film-film horor.

Dari banyak genre yang tersedia, horor selalu memiliki penikmatnya sendiri. Suasana tegang, ngeri, beserta cerita yang bagus menjadi alasan genre ini menarik.

Pembawa suasana “mengerikan” dalam film horor bisa dalam berbagai bentuk, mulai dari boneka, badut, sampai manusia biasa. Penampilan dan ekspresi mereka yang menakutkan sering membuat penonton menutup mukanya dengan tangan.

Menyambut Halloween dan liburan panjang kali ini ada beberapa horor Seed of Chucky,
Annabelle Comes Home, It Chapter Two,
dan Us. Selain itu ada film horor Indonesia yang juga bisa dinikmati seperti Nightmare Side Delusional atau Ratu Ilmu Hitam.


Seed of Chucky

Seed of Chucky diproduksi 2004 silam dengan penulis dan penulis naskah Don Mancini. Film horor ini diperankan Jennifer Tilly, Brad Dourif, dan John Waters.

Seperti film sebelumnya, boneka Chucky akan menjadi biang ketakutan. Glenda si boneka pembunuh kembali. Dia merupakan anak dari boneka Chucky dan Tiffany yang sebelumnya telah meninggal. Hidup seorang diri bukan hal yang mudah bagi Glenda. Pada sebuah kesempatan, dia melihat boneka ayah dan ibunya berada di Hollywood. Mereka sedang memproduksi sebuah film.

Untuk kebutuhan film, sepertinya sebuah mesin menggerakkan Chucky dan Tiffany. Sesampainya di Hollywood, Glenda menghidupkan kembali orangtuanya. Glenda, Chucky dan Tiffany sangat senang bisa bertemu dan berkumpul lagi. Sayangnya hal ini tidak menyenangkan bagi bangsa menusia. Teror yang menakutkan akan terus terjadi.

Annabelle Comes Home (2019)

Tak kalah serunya, ada film horor Annabelle Comes Home. Film ini digarap oleh sutradara Gary Dauberman penulis naskah James Wan dan Gary Dauberman.

Para pemeran Vera Farmiga, Patrick Wilson, dan Mckenna Grace akan membawa penonton ke suasana ketegangan dari boneka Annabelle.

Setelah banyak kejadian mengerikan yang berasal dari ulah Annabelle, ahli demonologi Ed dan Lorraine Warren mencoba mengamankan boneka itu. Mereka memasukkan Annabelle ke lemari kaca suci di sebuah ruang artefak. Pendeta juga memberikan berkat agar Annabelle tidak bisa kabur.

Sayangnya hal itu tidak berjalan lancar. Pada malam yang mengerikan, Annabelle membangkitkan seluruh roh jahat yang ada di ruangan itu. Setelah berhasil bebas, Annabelle mengincar target baru yaitu putri Warrens yang berusia sepuluh tahun, Judy, dan teman-temannya.

It Chapter Two (2019)

Rekomendasi film horor lainnya dari Mola TV adalah It Chapter Two. Film karya sutradara Andy Muschietti dengan penulis naskah Stephen King dan Gary Dauberman ini diperankan oleh Jessica Chastain, James McAvoy, dan Bill Hader.

Film ini membawa penonton ke suasana ketegangan dan ketakutan dari badut jahat Pennywise. Ia kembali lagi setelah kalah melawan anak-anak yang tergabung dalam Losers 'Club. Peristiwa itu sudah berlalu sejak 27 tahun lalu. Kini para anggota Losers 'Club telah tumbuh dewasa dan terpisah di berbagai tempat.

Pennywise kembali meneror kota. Banyak orang yang kemudian hilang. Tahu bahwa hal aneh terjadi, Mike Hanlon memanggil teman-teman lamanya. Mereka akan kembali melawan Pennywise yang kini jauh lebih kuat.

Us (2019)

Tak kalah seru, film horor Us karya sutradara sekaligus penulis naskah Jordan Peele hadir di Mola TV. Dengan didukung pemeran seperti Lupita Nyong'o, Winston Duke, dan Elisabeth Moss, film ini bisa menemani libur panjang kali ini.

Alur cerita film ini berkisah tentang keluarga Adelaide yang tengah berlibur ke Santa Cruz, California. Mereka hendak menghabiskan waktu bersama. Saat berada di pantai, anak terkecil bernama Jason hampir saja hilang secara misterius.

Kejadian itu membuat Adelaide ketakutan. Dia merasa sesuatu yang buruk sedang mengintai. Tidak lama setelahnya, ada empat orang misterius yang masuk ke rumah yang mereka tinggali. Keluarga Adelaide terkejut lantaran muka dan penampilan empat orang itu sangat mirip dengan mereka. Teror yang panjang dan mengerikan akan segera dimulai.Nightmare Side DelusionalKendati memakai judul berbahasa Inggris, film horor ini buatan lokal. Film ini garapan sutradara Joel Fadly dengan Dewi Fita dan Yovan Nainggolan membantu dalam hal penulisan naskah.

Nightmare Side Delusional berkisah tentang siswi SMA di Bandung bernama Naya. Dia seorang indigo. Ia bertemu seorang indigo bernama Shelly. Namun, sifat Shelly yang tertutup membuat Naya penasaran.

Di saat yang sama, Naya juga dibuat penasaran oleh siaran radio Nightmare Side yang sering dia dengarkan. Radio itu sering menyiarkan kisah-kisah horor yang kemudian disusul mimpi buruk oleh Naya. Saking seramnya, mimpi buruk itu seolah nyata, semacam delusi. Naya belum tahu jelas, latar belakang yang menjadi awal mimpi buruknya.

Ratu Ilmu Hitam
Rekomendasi film horor Indonesia yang lain adalah Ratu Ilmu Hitam (2019). Film karya sutradara Kimo Stamboel dan penulis naskah Joko Anwar ini sudah tayang di bioskop Indonesia sejak setahun lalu.
Film ini berkisah seorang bernama Hanif. Ia dulunya hidup di panti asuhan. Setelah sekian lama meninggalkan panti asuhan, Hanif berniat mengunjungi panti asuhan tempat dulu ia dibesarkan. Alasannya karena salah satu pengasuhnya bernama Pak Bandi sakit keras. Ia mengajak istrinya serta tiga anaknya untuk berkunjung.

Anton dan Jefri, sahabat lama Hanif yang juga besar di panti turut datang. Mereka membawa istri mereka masing-masing.

Panti asuhan tersebut jauh dari kota dan pemukiman penduduk. Karena keadaan pak Bandi, mereka semua akhirnya menginap di panti asuhan.

Tapi sepanjang malam, mereka diteror oleh hantu. Satu per satu orang hilang kalau tidak mati. Sepertinya ada dendam kesumat di panti asuhan tersebut.

Baca juga artikel terkait FILM HOROR atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Agung DH
DarkLight