Rekomendasi Film & Cara Nonton Disney Plus untuk Libur Lebaran 2021

Oleh: Yonada Nancy - 10 Mei 2021
Dibaca Normal 3 menit
Berikut sejumlah rekomendasi film yang cocok ditonton bersama keluarga saat Lebaran 2021.
tirto.id - Layanan streaming Disney Plus (Disney+) menghadirkan sejumlah film yang cocok untuk ditonton keluarga saat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Menonton film bersama keluarga di rumah bisa menjadi pilihan alternatif untuk menikmati waktu Lebaran, apalagi setelah ada larangan mudik dari pemerintah.

Sejumlah film bertema keluarga, fantasi, komedi, hingga drama dapat dinikmati bersama keluarga selama berlibur. Berikut sejumlah rekomendasi film yang cocok ditonton bersama keluarga saat Lebaran 2021.


Raya and The Last Dragon
(2021)


Film animasi Disney yang rilis pada 5 Maret 2021 ini memiliki cerita yang lekat dengan kebudayaan Asia Tenggara. Melansir IMDb, dalam pembuatannya, tim produksi Raya and The Last Dragon melakukan tur ke Laos, Kamboja, Thailand, Vietnam, dan Indonesia untuk menemukan ide mendesain berbagai aspek yang muncul dalam film.

Film ini berkisah tentang dunia negeri fantasi bernama Kumandra, di mana manusia dan naga hidup bersama secara harmonis. Namun, suatu ketika Kumandra diserang oleh monster jahat bernama Druun yang menyebabkan punahnya hampir seluruh naga karena berusaha berkorban untuk manusia. Dalam legenda, ada satu naga yang masih hidup hingga saat ini.

Negeri yang disebut Kumandra itu kini telah terpecah, yang menyebabkan permasalahan yang lebih buruk, yaitu bangkitnya Druun setelah 500 tahun tertidur. Raya, seorang putri raja berusaha menyelamatkan negeri dan ayahnya dari serangan Druun dengan mencari seekor naga yang katanya masih hidup.

Trailer Raya and The Last Dragon dapat ditonton di link ini.

Sabtu Bersama Bapak

Film garapan Monty Tiwa ini dirilis pada 2016 silam. Film Sabtu Bersama Bapak merupakan adaptasi dari dengan judul yang sama. Melansir IMDb, film ini berkisah tentang Gunawan (Abimana Aryasatya) yang hanya memiliki waktu hidup hanya satu tahun lagi.

Menjelang kematiannya, ia membuat rekaman berisi pesan-pesan untuk Satya (Arifin Putra) dan Cakra (Deva Mahenra). Setelah kematiannya, istri Gunawan Itje (Ira Wibowo) memutuskan agar Satya dan Cakra dapat "bertemu" ayahnya setiap hari Sabtu bahkan setelah mereka beranjak dewasa.

Film Sabtu Bersama Bapak dapat ditonton melalui link ini.

The Incredibles 2

Sama dengan The Incredibles, film keduanya ini masih bercerita mengenai kehidupan keluarga Parr sebagai pahlawan super. Bedanya, di film The Incredibles 2 yang rilis 2018 silam ini keluarga Parr bertambah satu yaitu si kecil Jack-Jack yang memiliki banyak kekuatan super menakutkan.

Film ini bercerita tentang kehidupan ilegal keluarga Mr. Incredible sebagai pahlawan super. Mereka lalu bertemu dengan Deavor bersaudara yang kaya dan menawarkan kehidupan baru untuk memperbaiki nama mereka di depan publik.

Mereka menawarkan ini kepada Elastigirl, ibu dari keluarga Parr. Proyek mereka adalah untuk membawa kembali citra positif pahlawan super lewat Elastigirl.

Sayangnya, proyek tersebut di sabotase oleh Screenslaver yang menyebabkan kekacauan di besar bahkan bagi pahlawan super lainnya. Keluarga Parr yang tersisa berusaha menyelamatkan semua orang dari ancaman Screenslaver.

Film The Incredibles 2 dapat ditonton melalui link ini.

Sang Pemimpi

Film Sang Pemimpi merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata "Sang Pemimpi." Kisah ini merupakan bagian dari tetralogi "Laskar Pelangi" yang juga sempat di adaptasi dalam film pada 2008.

Film yang rilis pada 2009 ini digarap oleh sutradara Riri Riza. Sang Pemimpi bercerita tentang Ikal (Vikri Septiawan/Zulfanny/Lukman Sardi), Arai (Rendy Ahmad/Sandy Pranatha/Ariel Noah), dan Jimbron (Azwir Fitrianto) sebagai remaja Belitung zaman dulu.

Seperti yang diceritakan sebelumnya, Ikal masih memiliki mimpi untuk pergi ke Paris dan menjalani pendidikan di Sorbonne University. Film ini mengisahkan cerita tumbuh dewasa ketiganya, mulai dari kisah cinta, mimpi, hingga kisah keluarga.

Film Sang Pemimpi dapat ditonton melalui link ini.

Soul

Film Disney Pixar ini disutradarai oleh Pete Docter dan Kemp Powes yang rilis pada 2020 silam. Film ini berkisah tentang seorang pianis bernama Joe yang terjebak di dua alam, antara dunia dan akhirat, setelah mengalami kecelakaan tepat sebelum mimpinya sebagai pemusik jazz diraih.

Ia seharusnya meninggal, namun ia menolak kenyataan itu dan berakhir di alam tersebut. Di sana, ia bertemu dengan 22 nyawa yang belum dilahirkan. Berbeda dengan Joe yang sangat mencintai kehidupan, 22 tidak memiliki motivasi apa pun untuk hidup di dunia. Bersama dengan Joe, 22 secara tidak sengaja belajar bahwa kehidupan yang sebenarnya indah meski menyulitkan.

Film Soul dapat ditonton melalui link ini.

Cek Toko Sebelah

Film Cek Toko Sebelah adalah film komedi keluarga karya Ernest Prakarsa. Film ini bercerita tentang Koh Afuk (Chew Kinwah) seorang pria tua etnis Tionghoa pemilik toko sembako. Di masa tuanya ia semakin lemah dan sakit-sakitan, dan memutuskan untuk menyerahkan toko yang ia bangun bersama istrinya pada Erwin (Ernest Prakarsa).

Erwin sendiri tidak senang dengan keputusan itu mengingat karier dan pendidikannya memungkinkan ia mendapat lebih dari sekadar pemilik toko sembako. Bahkan, saat itu ia telah menerima tawaran untuk bekerja di Singapura.

Di sisi lain, keputusan Koh Afuk menyebabkan anak pertamanya Yohan (Dion Wiyoko) kecewa dan merasa ayahnya pilih kasih. Koh Afuk sendiri menganggap Yohan tidak sebaik Erwin karena kurang bertanggung jawab.

Film Cek Toko Sebelah dapat ditonton melalui link ini.

Cara menonton film di Disney+

Film yang tersedia di platform streaming milik Disney ini dapat dinikmati langsung melalui aplikasi maupun websitenya atau diunduh ke dalam perangkat seluler dan tablet.

Kelebihan mengunduh film di Disney+ adalah dapat dinikmati tanpa sambungan internet atau secara offline. Namun, Disney+ membatasi kuota download yaitu sebanyak 10 tayangan secara bersamaan per akun.

Untuk men-download film di Disney+ hanya dapat dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Disney+ Hotstar pada smartphone atau tablet.
  • Pilih serial TV favorit dari "Beranda" yang ingin ditonton secara offline.
  • Gulir ke bawah dan tap ikon "Unduh" di samping Season atau pada episode yang dikehendaki.
  • Pada bagian download akan terlihat daftar tayangan yang sedang diunduh.
  • Pilih episode serial TV yang telah diunduh untuk ditonton secara offline.


Layanan download di Disney+ hanya berlaku untuk pengguna yang telah berlangganan. Adapun, tarif berlangganan di Disney+ adalah Rp39.000 per bulan atau Rp199.000 per tahun. Paket berlangganan dapat dibeli melalui aplikasi MyTelkomsel atau aplikasi Maxstream.


Baca juga artikel terkait DISNEY PLUS atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Film)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight