Rekomendasi Film Bertema Perang Dunia II: Ada Schindler's List

Kontributor: Ega Krisnawati - 31 Mar 2022 10:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Film Perang Dunia II: beberapa rekomendasi film perang terbaik.
tirto.id - Perang Dunia II adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah manusia. Karena pentingnya peristiwa ini, para sineas berlomba untuk membuat film berlatar Perang Dunia II dan sisi menariknya.

Para sutradara menggunakan kreativitasnya untuk mengubah kekerasan menjadi seni tanpa membiarkan penonton melupakan pesan dari film perang terbaik sepanjang masa.

Beberapa film ini diambil dari kisah nyata. Berikut rekomendasi film dengan tema Perang Dunia II.

1. Saving Private Ryan (1998)

Film garapan Sutradara Steven Spielberg ini mengambil tema Perang Dunia II. Saving Private Ryan (1998) bercerita tentang sekelompok tentara AS pergi ke belakang garis musuh untuk menjemput seorang penerjun payung yang saudara-saudaranya terbunuh dalam perang.

Peristiwa itu terjadi setelah Pendaratan Normandia. Film ini dibintangi oleh Tom Hanks, Matt Damon, dan Tom Sizemore. Saving Private Ryan memperoleh rating yang cukup tinggi di Imdb, yaitu 8.6 per 10.

Tidak hanya itu, film yang ditulis oleh Robert Podat ini telah memenangkan 5 Oscar dengan total 75 nominasi dan bisa disaksikan di Netflix.

2. The Pianist (2002)

The Pianist (2002) adalah film dengan genre biografi, drama, dan musik. Film garapan Roman Polanski ini tayang dengan durasi 2 jam 30 menit.

Film The Pianist (2002) bercerita tentang seorang musisi Yahudi Polandia yang berjuang untuk bertahan hidup dari kehancuran ghetto Warsawa pada Perang Dunia II.

Film yang ditulis oleh Ronald Harwood dan Wladyslaw Szpilman ini telah berhasil memenangkan 3 piala Oscar dengan total 74 nominasi.

Film The Pianist (2002) dibintangi oleh Adrien Brody, Thomas Kretschmann, dan Frank Finlay. Film ini memperolah rating sebesar 8.6 per 10 di Imdb.

3. Fury (2014)

Film Fury (2014) adalah film garapan David Ayer. Film bergenre action, drama, dan perang ini naskahnya juga ditulis oleh Favid Ayer.

Fury (2014) bercerita tentang seorang komandan tank beruban yang harus membuat keputusan sulit saat ia dan krunya berjuang melintasi Jerman pada bulan April 1945.

Film ini dibintangi oleh Brad Pitt, Shia LaBeouf, dan Logan Lerman. Fury (2014) memperoleh rating sebesar 7.6 per 10 dari Imdb.

4. Schindler's List (1993)

Film bergenre biografi, drama, dan sejarah ini digarap oleh Steven Spielberg. Kini Spielberg sedang memproduseri sejumlah film, seperti Intellegent Life, Real Steel 2, dan Robopocalypse.

Film Schindler's List bercerita tentang industrialis Oskar Schindler yang secara bertahap menjadi prihatin dengan tenaga kerja Yahudinya setelah menyaksikan penganiayaan mereka oleh Nazi.

Peristiwa itu terjadi di Polandia yang diduduki Jerman selama Perang Dunia II. Film yang ditulis oleh Thomas Keneally dan Steven Zaillian ini telah sukses dengan menerima 7 piala Oscar.

Film Schindler's List memperoleh rating sebesar 9 per 10 di Imbd. Film ini dibintangi oleh Liam Neeson, Ralph Fiennes, dan Ben Kingsley.

5. Inglourious Basterds (2009)

Film Inglourious Basterds adalah film bergenre petualangan, drama, dan peperangan. Film ini disutradarai dan naskahnya ditulis oleh Quentin Tarantino.

Film Inglourious Basterds bercerita tentang rencana untuk membunuh para pemimpin Nazi oleh sekelompok tentara Yahudi AS dan seorang pemilik teater.

Peristiwa itu terjadi di Prancis yang kala itu masih dijajah oleh Nazi selama Perang Dunia II. Film yang dibintangi oleh Brad Pitt, Diane Kruger, dan Eli Roth ini mendapat rating 8.3 per 10 di Imdb.



Baca juga artikel terkait FILM PERANG DUNIA atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight