Rekomendasi Channel Youtube untuk Belajar Memasak, Ada Food52

Oleh: Cornelia Agata Wiji Setianingrum - 17 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Belajar masak melalui Youtube saat work from home atau karantina mandiri.
tirto.id - Masyarakat dunia saat ini tengah menghadapi pandemi coronavirus. Status pandemi yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kemudian membuat beberapa negara memutuskan untuk melaksanakan Work From Home bagi pekerja atau Home Learning bagi pelajar dan mahasiswa serta karantina mandiri.

Memasak, bisa menjadi salah satu kegiatan yang bisa mengisi waktu luang Anda selama menjalani masa Work From Home. Bagi yang gemar memasak, situasi ini bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan dan bakat memasak, sedangkan bagi yang tidak pernah memasak, situasi ini bisa dimanfaatkan untuk mulai belajar memasak.

Anda bisa mendapatkan berbagai resep dan cara masak di beberapa akun Youtuber. Berikut beberapa rekomendasi akun YouTube Internasional dari Business Insider yang bisa Anda gunakan sebagai panduan memasak:

1. Bon Appetit

Melalui akun YouTube Bon Appetit Anda akan mendapatkan cara memasak dan juga cara menyajikan masakan dengan cara yang mudah dipahami oleh penontonnya.

2. Food52

Food52 merupakan akun YouTube yang berisikan tentang tutorial memasak resep-resep makanan populer dari berbagai restoran terkenal. Pernah membeli buku resep dari restoran favorit Anda, tetapi tidak pernah benar-benar membuat resep itu?

3. Munchies, from Vice

YouTube channel Munchies menyajikan berbagai teknik-teknik memasak para koki pilihannya yang bertujuan untuk membantu Anda memasak di rumah.

4. "Binging with Babish" & "Basics with Babish"

Akun YouTube ini berfokus pada memasak makanan yang berasal dari pengadaptasian budaya pop. Namun tetap diindahkan dengan teknik dan resep pilihan yang baik.

5. Joshua Weissman

Akun YouTube Joshua Weissman berisikan video-video unik tentang cara memasak. Tak hanya itu, dirinya juga memberi trik memasak terbaik dengan cara menjelaskan secara rinci prosedur memasak satu persatu.

6. J. Kenji López-Alt

Video-video yang tersaji pada channel ini berisikan instruksi secara verbal tentang memasak. Pada videonya, selalu terselip pesan yang paling penting dalam memasak yaitu selalu memperhatikan proses memasak, melakukan persiapan bahan makanan, hingga proses memasak secara benar.

7. Food Wishes

Akun YouTube ini dibuat oleh seorang koki bernama John Mitzewich, yang dahulu bekerja di dapur selama bertahun-tahun dan akhirnya memutuskan untuk mengajar Akademi Kuliner California di San Francisco.

Video-videonya berisi resep masakan dari yang sederhana sampai yang kompleks, makanan yang menenangkan Amerika hingga throwback Romawi kuno.

8. Steve the Bartender

Channel ini berisikan berbagai resep memasak koktail yang bisa Anda coba di rumah. Selain itu, Steve juga berbagi berbagai resep minuman yang diciptakannya.

9. New York Times Cooking

Channel YouTube ini merupakan salah satu channel berbayar jika Anda menginginkan resep lain yang lebih tinggi. Namun, Anda tetap bisa mengaksesnya secara gratis dan tetap bisa menikmati keistimewaan diantaranya mendapatkan semua resep favorit Alison Roman terbaik, resep kue, dan foto makro yang menggiurkan selama berhari-hari.

10. Tasty

Dua ciri khas yang disajikan channel Tasty dalam setiap videonya yaitu memasak makanan pantry dan juga memberikan ulasan gadget, yang membantu pemirsa memutuskan peralatan dapur mana yang sebenarnya baik digunakan.

11. Maangchi

Emily Kim merupakan nama asli pemilik channel Maangchi. Dirinya dikenal sebagai Youtuber masakan Korea. Emily memiliki ciri khas mulai dari penggunaan penutup kepala yang glamor, kehangatan tampilan di layar, dan pendekatan tanpa kompromi untuk masakan tradisional Korea.

Rekomendasi channel YouTube memasak tak hanya datang dari dunia Internasional, bagi Anda yang tidak mahir berbahasa inggris, beberapa Chef ternama Indonesia juga memiliki akun YouTube yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi dalam memasak diantaranya Farah Quinn, Rinrin Marinka, William Gozali, Putri Miranti, dan Yuda Bustara.


Baca juga artikel terkait AKUN YOUTUBE atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Hobi)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Yantina Debora
DarkLight