Rekomendasi Bingkisan Lebaran 2021 atau Hampers untuk Keluarga

Oleh: Yonada Nancy - 5 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Memberi hadiah kepada orang terkasih memiliki manfaat psikologis baik bagi penerima maupun bagi pemberi.
tirto.id - Pemerintah telah menetapkan larangan mudik sejak dua minggu sebelum dan sesudah lebaran. Aturan yang berlaku saat ini melarang mudik dalam tiga periode yang berlangsung sejak 22 April hingga 24 Mei 2021.

Periode pertama pra larangan mudik (22 April - 5 Mei 2021), dilanjutkan dengan larangan mudik (6 - 7 Mei 2021), dan periode pasca larangan mudik (18 - 24 Mei 2021). Keputusan terbaru yang disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito bahkan menyebutkan aktivitas mudik lokal ditiadakan selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H.

"Pemerintah sepakat untuk meniadakan mudik apapun bentuknya. Mohon jajaran pemerintah daerah, dan masyarakat untuk dapat menjadi agen promosi kesehatan yang baik dengan berlandaskan satu narasi dari pemerintah,” jelas Wiku seperti yang dilansir dari Antara.

Larangan mudik ini ditetapkan pemerintan untuk mencegah peningkatan penularan COVID-19 yang kerap terjadi selama periode libur panjang. Hal ini berkaitan dengan mobilitas masyarakat yang cenderung meningkat setiap libur panjang.

Larangan mudik Lebaran 2021 tersebut tentu banyak membuat rencana mudik dan bertemu keluarga di kampung halaman terpaksa tertunda. Meski demikian, terdapat alternatif lain untuk menjalin silaturahim, salah satu caranya dengan mengirimkan bingkisan lebaran.

Rekomendasi bingkisan atau hampers Lebaran 2021



Memberi hadiah kepada orang terkasih memiliki manfaat psikologis baik bagi penerima maupun bagi pemberi. Melansir South University, hal ini berkaitan dengan tindakan alturisme yang menyebabkan seseorang mengalami peningkatan emosional ketika memberikan hadiah pada orang lain.

Bingkisan berupa hampers atau parsel merupakan jenis yang paling mudah ditemui saat ini. Hampers maupun parsel bisa dibeli atau dibuat sendiri di rumah. Isi atau hadiahnya juga bisa disesuaikan dengan keinginan.

Berikut ini beberapa rekomendasi barang yang bisa dijadikan bingkisan lebaran.

1. Kue kering

Tidak lengkap rasanya merayakan lebaran tanpa kue kering seperti nastar, putri salju, lidah kucing, dan sebagainya. Selain itu, kue kering juga sangat cocok dijadikan produk bingkisan lebaran.

Selain praktis, kue kering bisa awet bila disimpan atau melalui perjalanan antar kota. Apabila memungkinkan, kue kering dapat dibuat sendiri di rumah. Memang membutuhkan banyak waktu dan tenaga, namun sepadan dengan nilainya.

Sementara itu, membeli bingkisan kue kering menjadi pilihan yang mudah dan praktis. Saat ini bingkisan kue kering banyak di jual di pasaran, seperti swalayan maupun toko online. Beberapa retail bahkan menawarkan sejumlah promo menarik untuk produk bingkisan kue kering.

2. Peralatan Makan

Peralatan makan seperti set piring, set mug, atau set cangkir kopi juga bisa dijadikan bingkisan lebaran. Set peralatan makan bisa ditemui di berbagai tempat, dengan harga yang bervariasi tentunya.

Namun, pertimbangkan memilih peralatan makan yang terbuat dari plastik, melamin, atau alat makan anti pecah lainnya apabila akan mengirimnya keluar kota atau provinsi. Peralatan makan dari keramik memang memesona, namun berisiko pecah selama pengiriman jarak jauh.

3. Emas Gift Series

Bingkisan emas tentu terdengar sangat mewah dan mahal. Namun, memberi bingkisan emas tentunya sepadan mengingat harga emas yang terus meningkat.

Perusahaan emas PT Aneka Tambang (Antam) mengeluarkan produk emas 24 karat varian Selamat Idul Fitri yang saat ini (5/5/2021) dijual mulai harga Rp581.000 di Logam Mulia untuk ukuran 0,5 gram.

Produk lainnya yang lebih murah adalah emas Antam 24 karat seri reguler, yang harganya cenderung lebih murah. Pastikan untuk memantau harga emas harian sebelum memutuskan membelinya agar mendapat harga terbaik.

4. Set Kurma

Di Indonesia kurma identik sebagai buah khas Ramadhan dan Idul Fitri. Selain lezat, kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kurma terdiri atas berbagai jenis, mulai dari kurma zahdi, kurma ajwa, kurma barhi, kurma deglet noor, hingga kurma empress. Karena jenisnya yang beragam, set kurma bisa dijadikan bingkisan Idul Fitri yang menarik.

5. Minuman kesehatan

Hadiah minuman kesehatan sangat cocok diberikan kepada keluarga. Memberikan hadiah minuman kesehatan bermakna mendoakan penerima selalu sehat dan panjang umur.

Beberapa minuman kesehatan saat ini bisa ditemui dengan mudah, seperti sari kurma, cuka apel, teh hijau, sarang walet, sari kulit manggis, atau minuman mengandung gingseng.

Pastikan untuk membeli minuman kesehatan di toko-toko yang dipercaya. Pastikan pula bahwa produk minuman kesehatan aman dan telah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

6. Peralatan Ibadah

Rekomendasi lainnya adalah satu set peralatan Ibadah. Dalam Islam, ada sejumlah perlatan yang digunakan untuk menunjang aktivitas ibadah, termasuk sajadah, mukena, tasbih, dan Al-Quran. Satu set peralatan ini bisa digabungkan untuk dijadikan bingkisan lebaran.

Set peralatan ibadah saat ini banyak beredar baik dalam bentuk parsel maupun hampers. Apabila berencana membuat bingkisan sendiri, pilih peralatan ibadah yang memiliki warna senada agar mudah merangkainya.


Baca juga artikel terkait HAMPERS LEBARAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight