Rekomendasi Alternatif Yahoo Answers yang Ditutup 4 Mei 2021

Oleh: Ibnu Azis - 7 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Yahoo Answers pada 4 Mei 2021 akan divonis mati. Per 20 April pengguna tak bisa mengirim dan menjawab pertanyaan di situs tanya-jawab legendaris ini.
tirto.id - Yahoo mengumumkan bahwa platform Yahoo Answers akan ditutup pada 4 Mei 2021. Setelah tanggal tersebut situs web tanya-jawab legendaris itu tidak dapat diakses lagi.

“Yahoo telah membuat keputusan untuk menutup Yahoo Answers,” kata Yahoo dalam pernyataan di laman resminya dikutip Rabu (7/4/2021).

Mulai tanggal 20 April 2021, pengguna Yahoo Answers tidak bakal bisa lagi mengirim pertanyaan baru di platform ini. Mereka juga tidak dapat menjawab pertanyaan pengguna lain.

“Jika Anda mencoba mengakses Yahoo Answers pada tanggal 4 Mei, Anda akan dialihkan ke halaman awal Yahoo,” penjelasan Yahoo.

Dilansir The Verge, Yahoo Answers telah beroperasi sejak 2005. Platform ini adalah salah satu situs web tanya-jawab terlama dalam sejarah internet. Yahoo Answers juga dikenal sebagai “tempat nongkrong di internet” yang popularitasnya memudar semenjak kebangkitan Reddit dan kemunculan Quora.

Warganet menggunakan Yahoo Answers untuk mengajukan pertanyaan aneh, mencari bantuan, dan membuat lelucon. Namun, platform ini menawarkan “reaksi manusia yang nyata, baik atau buruk” seperti ditulis Nytimes.

Dalam sebuah catatan yang dikirimkan ke anggota aktif Yahoo Answers, diketahui banyak detail mengapa Yahoo menutup platform ini.

“Meskipun Yahoo Answers pernah menjadi bagian penting dari produk dan layanan Yahoo, hal itu menjadi kurang populer selama bertahun-tahun karena kebutuhan anggota kami telah berubah. Untuk itu, kami telah memutuskan untuk mengalihkan sumber daya kami dari Yahoo Answers untuk fokus pada produk yang melayani anggota kami dengan lebih baik dan memenuhi janji Yahoo untuk menyediakan konten premium terpercaya,” tulis tim Yahoo Answers dikutip The Verge.

Perlu diketahui, Yahoo Answers adalah layanan kesekian dari Yahoo yang harus ditutup. Sebelumnya, Yahoo Groups divonis mati pada Desember 2020.


Lantas, apa saja platform alternatif Yahoo Answers yang juga menawarkan layanan tanya-jawab? Berikut di antaranya:

1. Quora

Beroperasi sejak 2009, Quora menyebut dirinya sebagai “tempat berbagi pengetahuan dan memahami dunia lebih baik”. Bergabung dengan Quora cukup menggunakan alamat email atau akun Google dan Facebook.

Quora memiliki banyak “ruang obrolan” mulai dari makanan, kesehatan, psikologi, film, artis, dan sebagainya. Di ruang itu, pengguna bisa mengirimkan pertanyaan atau menjawab pertanyaan yang diajukan pengguna lain.

Selain berbasis situs web, Quora juga dapat diakses melalui aplikasi. Pada 2020, Quora mengklaim situs webnya menerima 300 juta pengunjung unik per bulan, seperti ditulis Recode.

2. Stack Exchange

Berikutnya ada Stack Exchange, yang beroperasi sejak 2009. Stack Exchange adalah jaringan situs web tanya-jawab tentang berbagai topik dalam berbagai bidang. Setiap situs mencakup topik tertentu dan pengguna tunduk pada proses pemberian reputasi.

Stack Exchange hanya fokus pada “mendapatkan jawaban” bukan sebagai forum diskusi atau tempat obrolan. Ada 176 komunitas yang dibuat dan dijalankan oleh para ahli dan penggemar.

Stack Overflow menjadi jaringan situs web Stack Exchange dengan jumlah pertanyaan terbanyak mencapai 21 juta. Situs ini seputar bahasa pemrograman atau tempat “nongkrong” para programmer. Jaringan situs Stack Exchange selengkapnya bisa cek di sini.


Baca juga artikel terkait YAHOO ANSWERS atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight