Rekomendasi 3 Buku Bagus, Ada Gadis Kretek dan Filosofi Teras

tirto.id - 16 Nov 2023 14:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini rekomendasi tiga buku bagus yang cocok dibaca di waktu senggang Anda. Ada tiga judul buku yang direkomendasikan, simak di bawah ini.
tirto.id - Anda sedang mencari buku yang bagus untuk dibaca saat sedang senggang? Kami punya rekomendasinya! Pilihannya ada novel Gadis Kretek, Hunger Games, atau Filosofi Teras.

Berikut ini beberapa sinopsis atau ringkasan buku novel yang bisa Anda baca:

Novel Gadis Kretek

Novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala bercerita tentang tragedi dan romantisme kisah asmara antara Raja dan Jeng Yah Pak Raja begitu terpikat dengan kretek buatan perempuan itu. Lintingan Jeng Yah menjadi ramuan rahasia dari kepopuleran Kretek Gadis.

Pak Raja yang saat sedang sekarat menyebut satu nama perempuan yang ternyata bukanlah istrinya. Perempuan yang disebut saat ia menanti ajalnya itu bernama Jeng Yah. Mendengar hal tersebut, ketiga anaknya yang merupakan pewaris Kretek Djagad Raja merasa gundah.

Tidak terkecuali istri sah Pak Raja, ia begitu cemburu mengetahui kata-kata yang terlontar dari mulut suaminya yang sedang sekarat adalah nama seorang perempuan yang bukan istrinya.

Ketiga anak Raja yang bernama Lebas, Karim, serta segera mengunjungi pelosok Jawa dan mencari sosok Jeng Yah yang namanya disebut Pak Raja saat sedang sekarat. Mereka bertiga berlomba dengan waktu karena harus menemukan Jeng Yah sebelum ajal menjemput ayah mereka.

Novel Hunger Games

The Hunger Games adalah novel distopia yang ditulis oleh Suzanne Collins. Bertempat di dunia pasca-apokaliptik masa depan, kisah ini terjadi di negara Panem, yang terdiri dari Capitol dan dua belas distrik. Setiap tahun, sebagai bentuk hukuman atas pemberontakan di masa lalu, Capitol memilih satu anak laki-laki dan satu perempuan, yang dikenal sebagai "peserta", dari setiap distrik untuk berpartisipasi dalam Hunger Games—sebuah acara yang disiarkan televisi di mana para peserta harus berjuang sampai mati dan hanya satu orang yang tersisa.

Tokoh protagonis, Katniss Everdeen, mengajukan diri untuk menggantikan adiknya Prim sebagai peserta dari Distrik 12. Bersama sesama peserta Distrik 12, Peeta Mellark, Katniss memasuki Hunger Games yang brutal dan diatur dengan sangat ketat. Seiring berjalannya cerita, Katniss dan Peeta harus menghadapi tantangan di arena, membentuk aliansi, menghadapi rintangan mematikan, dan menghadapi manipulasi Capitol.


Buku Filosofi Teras

Buku Filosofi Teras bercerita tentang filsafat Yunani-Romawi kuno, yaitu “Stoic” yang berkembang pada tahun 300 SM hingga 200 M. Buku karya Henry Manampiring ini sangat cocok dibaca dan menjadi panduan moral anak muda.

Di dalam buku ini mengandung banyak jawaban dari permasalahan yang dialami oleh banyak anak muda, seperti kekhawatiran hingga emosi negatif. Tak hanya itu, buku Filosofi Teras ini juga mengajarkan pembacanya untuk selalu fokus terhadap pengendalian diri. Misalnya, keinginan, tindakan, tujuan, hingga opini diri sendiri.

Sejatinya, buku Henry Manampiring ini mengajarkan pembacanya untuk tidak menggantungkan kebahagian pada hal-hal di luar kendali karena itu semua tidak rasional.

“Manusia tidak memiliki kuasa untuk memiliki apapun yang dia mau, tetapi dia memiliki kuasa untuk tidak mengingini apa yang dia belum miliki, dan dengan gembira memaksimalkan apa yang dia terima,” tulis Henry Manampiring dalam Filosofi Teras.

Cari Buku yang Sesuai dengan Minat Anda di Tokopedia

Perlu Anda pahami bahwa bagus atau tidaknya sebuah buku bergantung pada preferensi dan pengalaman masing-masing pembaca. Beberapa orang mungkin menyukai buku karena cerita yang menarik, karakter yang kuat, atau tema yang relevan. Sementara itu, orang lain mungkin lebih memilih buku yang menawarkan pandangan baru atau pengetahuan yang mendalam tentang suatu topik.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki selera dan preferensi yang berbeda, jadi pendapat tentang buku bisa sangat subjektif. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pandangan pembaca termasuk gaya penulisan, struktur naratif, kompleksitas karakter, dan pesan atau nilai yang disampaikan oleh buku tersebut.

Jika Anda tertarik membeli buku dan novel tersebut, kunjungi situs jual beli online terpercaya, Tokopedia yang menyediakan berbagai kebutuhan terlengkap bagi para penggunanya. Anda juga bisa menemukan berbagai buku best seller lainnya, seperti Buku Tan Malaka, Atomic Habits, hingga The Secret History of The World.

Terlebih lagi, Anda bisa membeli buku-buku favoritmu menggunakan promo menarik agar lebih hemat. Mulai dari Promo Diskon, Cashback GoPay, fitur Cicilan 0%, hingga Bebas Ongkir se-Indonesia. Tak perlu lama lagi, yuk segera belanja buku best seller harga ramah di kantong melalui Tokopedia sekarang!


Baca juga artikel terkait TOKOPEDIA atau tulisan menarik lainnya
(JEDA)

Penulis: Tim Media Servis

DarkLight