Rekomendasi Novel Indonesia Terbaik, Dapatkan di Tokopedia

, tirto.id - 31 Okt 2023 12:12 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Tokopedia menyediakan rekomendasi pilihan novel Indonesia terbaik, ada Gadis Kretek, Cantik Itu Luka, Laut Bercerita, dan masih banyak lagi.
tirto.id - Anda kini tidak perlu lagi repot pergi ke toko buku untuk mendapatkan bacaan bermutu. Tokopedia menyediakan ragam pilihan novel Indonesia terbaik, ada Gadis Kretek, Cantik Itu Luka, Laut Bercerita, dan masih banyak lagi.

Membaca novel memang kegiatan yang menyenangkan dan bisa menjadi salah satu pilihan refreshing saat waktu luang untuk menyegarkan pikiran. Namun, terkadang tidak ada waktu jika harus jalan ke toko buku atau perpustakaan untuk mendapatkan novel yang kita inginkan.

Tokopedia hadir sebagai solusi. Di Tokopedia, ada banyak novel Indonesia terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cukup dari rumah. Metode pembayarannya pun mudah dengan berbagai pilihan. Jangan lupa, Anda juga bisa mendapatkan cashback maupun diskon ongkos kirim jika membeli novel dari Tokopedia.

Rekomendasi Novel Indonesia di Tokopedia: Gadis Kretek, Cantik Itu Luka, Laut Bercerita

Novel Gadis Kretek menjadi salah satu opsi bacaan menarik yang bisa Anda dapatkan di Tokopedia. Gadis Kretek merupakan novel karya Ratih Kumala yang diterbitkan pada 2012. Di tahun yang sama, novel dengan tebal 274 halaman ini langsung masuk dalam jajaran 10 besar penerima anugerah penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa 2012.

Ratih Kumala sebagai penulis, dengan dibantu oleh Mirna Yulistianti selaku editor, cenderung memakai pendekatan narasi daripada dialog dalam penulisan novel Gadis Kretek. Tema besar novel ini mengisahkan tentang dinamika orang-orang di sekitar pabrik rokok kretek pada masa awal kemerdekaan Indonesia.

Pada 2023, novel Gadis Kretek diadaptasi dalam bentuk web series atau serial web dengan judul yang sama dan tayang di platform digital. Kamila Andini dan Ifa Isfansyah bertindak sebagai sutradara serta melibatkan sejumlah aktor/aktris nasional ternama seperti Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Arya Saloka, hingga Putri Marino.


Selain Gadis Kretek, Tokopedia masih banyak menawarkan pilihan judul novel Indonesia terbaik lainnya. Sebut saja salah satunya novel Cantik Itu Luka yang ditulis oleh Eka Kurniawan. Karya sastra terbitan tahun 2002 ini termasuk karya novel ikonik dan amat disukai di zamannya.

Cantik itu Luka masuk dalam jajaran Khatulistiwa Literary Award tahun 2003. Pada 2006, novel bergenre fiksi sejarah dan realisme magis setebal 537 halaman ini diterbitkan dalam bahasa Jepang dengan judul Bi wa Kizu atas upaya Ribeka Ota.

Novel ini juga diterjemahkan ke lebih dari 34 bahasa asing. Selain Jepang, ada pula versi bahasa Korea, Cina, Inggris, Prancis, Yunani, hingga Denmark. Nama Eka Kurniawan selaku pengarang pun dikenal di kancah internasional dan memperoleh penghargaan sastra internasional di Belanda, yaitu Prince Clause Awards 2018.

Bukan hanya itu, novel Cantik Itu Luka masuk ke dalam daftar 100 buku terkemuka versi The New York Time. Sebelumnya, novel karya perdana Eka Kurniawan ini yang berlatar belakang masa kolonialisme di Indonesia ini meraih penghargaan World Readers pada 2016.

Novel bertajuk Laut Bercerita juga tak kalah menarik dan bisa Anda dapatkan di Tokopedia. Karya Leila S. Chudori ini diterbitkan pertama kali pada 2017 dan mengusung genre fiksi-historikal. Kisah Laut Bercerita diangkat dari peristiwa penculikan beberapa aktivis yang terjadi pada 1998 atau usai tumbangnya rezim Orde Baru di bawah pimpinan Presiden Soeharto.

Terbitnya novel Laut Bercerita pada 2017 langsung membetot perhatian publik, terkhusus para penggemar Leila S. Chudori yang sebelumnya sudah dikenal melalui karya-karyanya sejak era 1980-an. Berkat Laut Bercerita, Leila S. Chudori diganjar The S.E.A Write Award pada 2020 yang merupakan penghargaan bergengsi di level Asia Tenggara.

Anda tertarik membaca novel-novel Indonesia yang direkomendasikan di atas? Dapatkan segera di Tokopedia!

Baca juga artikel terkait TOKOPEDIA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Bisnis)



DarkLight