Redmi 8A Pro di Indonesia: Spesifikasi, Harga, Jadwal Rilis

Oleh: Ibnu Azis - 27 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Harga dan spesifikasi Redmi 8A Pro di Indonesia diprediksi mengalami peningkatan dari versi reguler, Redmi 8A, yang sudah dipasarkan sejak Desember 2019.
tirto.id - Redmi 8A Pro dipastikan akan dipasarkan di Indonesia selepas Xiaomi mengumumkan tanggal peluncuran smartphone entry-level itu melalui media sosial Twitter.

"Kuat dan enak dipakai untuk nonton. Yasss, karena smartphone yang akan diluncurkan 2 April 2020 ini memakai Corning® Gorilla® Glass 5 dan 6.22" HD display," tulis @XiaomiIndonesia, Kamis (26/3/2020).

Secara sederhana, dapat dipastikan Redmi 8A Pro adalah versi Pro dari Redmi 8A, smartphone yang sudah dipasarkan di Indonesia bersamaan dengan Redmi 8 pada Desember 2019 lalu.

Artinya, ada peningkatan soal spesifikasi yang tentunya berdampak pada aspek harga.

Sejauh ini, spesifikasi Redmi 8A Pro yang baru diketahui ialah soal layar dan proteksi panel, yaitu berdiagonal 6,22 inci dan sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5, sebagaimana ditampilkan dalam poster promo peluncuran smartphone itu yang telah tersiar di media sosial.

Akan tetapi, spesifikasi layar 6,22 inci dan Corning Gorilla Glass 5 juga diusung oleh Redmi 8A. Diprediksi, peningkatan spesifikasi yang diusung di Redmi 8A Pro ialah pada sensor sidik jari, konfigurasi kamera belakang, tipe chipset, dan kapasitas penyimpanan termasuk RAM.

Argumennya, empat elemen itu ada di Redmi 8, tetapi absen di Redmi 8A. Diperkirakan, Xiaomi ingin menambal celah spesifikasi Redmi 8A yang dirindukan oleh penggunanya dengan menghadirkan versi Pro dari perangkat itu.


Sebagai perbandingan, Redmi 8A mengusung layar berdiagonal 6,22 inci HD+ yang sudah dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 5. Di tepi atas layarnya tersemat notch berdesain Dot Drop sebagai penampung kamera selfie berkekuatan 8MP.

Untuk kamera belakang, Redmi 8A mengandalkan kekuatan 12MP yang sudah didukung software AI. Kapasitas baterai 5.000mAh di ponsel ini diklaim Xiaomi punya daya tahan hingga 4 hari.

Untuk performa, Redmi 8A menggunakan chipset Snapdragron 439 berkonsep octa-core yang disandingkan bersama RAM 2GB. Penyimpanan internalnya cukup lapang di kelasnya, yaitu 32GB.

Selain itu, Redmi 8A Pro diprediksi akan memilik sentuhan yang lebih premium seperti Redmi 8 yaitu dengan permukaan mengkilap dan glossy, sedangkan bahan pelapis Redmi 8A sendiri bertekstur matte.

Sementara terkait harga, Redmi 8A saat diperkenalkan tahun lalu dibanderol sebesar Rp1.449.000 untuk varian RAM 2GB + ROM 32GB. Harga Redmi 8A Pro diprediksi sedikit lebih mahal seturut peningkatan spesifikasi yang diusung.

Bagi Mi Fans atau sebutan bagi pengguna perangkat Xiaomi, dapat menyaksikan peluncuran Redmi 8A Pro secara live streaming pada 2 April 2020 melalui tautan ini. Acara itu akan dihelat mulai pukul 14.00 WIB.


Baca juga artikel terkait REDMI 8A PRO atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight