Ratas PSSI, Jokowi Instruksikan Bentuk Tim Gabungan

Oleh: Yuliana Ratnasari - 25 Januari 2017
Presiden Jokowi memerintahkan pembentukan tim gabungan untuk memajukan pesepakbolaan Indonesia. Ini dibahas dalam rapat terbatas yang pertama kalinya menyoal PSSI.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan segera membentuk tim gabungan yang melibatkan berbagai pihak terkait untuk memajukan sepakbola di Indonesia. Instruksi ini dipaparkan dalam rapat terbatas (ratas) yang membahas PSSI dengan topik Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

Setelah mengikuti rapat terbatas, Selasa (25/1/2017), Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah meminta Menteri Koordinator (Menko) Bidang PMK untuk melakukan hal tersebut.

"Presiden meminta Menko PMK membuat tim gabungan yang melibatkan seluruh lembaga bersama dengan KONI dan PSSI untuk mempersiapkan strategi langkah dan sebagainya," kata Pramono seperti dikutip dari Antara.

Pramono menambahkan, ada sejumlah hal termasuk empat perhatian utama Presiden yang perlu dilakukan untuk memajukan persepakbolaan di Indonesia.

Empat hal yang dimaksud yakni pembinaan sepakbola harus dilaksanakan sejak usia dini, perbaikan sistem dan tata kelola persepakbolaan Indonesia, perbaikan manajemen klub, serta penyediaan infrastruktur stadion dan tempat latihan yang memadai.

"Presiden juga memerintahkan beberapa menteri untuk membuat Kantor PSSI lebih baik daripada negara tetangga kita," katanya.

Rapat terbatas yang membahas khusus tentang PSSI itu merupakan kali pertama dilakukan sepanjang Pemerintahan Jokowi-JK.

"Ini adalah ratas pertama tentang PSSI, sejauh yang kami tahu belum pernah ada ratas tentang PSSI. Semoga ini membangkitkan semangat kita untuk membangkitkan, menyemangati kemajuan sepakbola kita," katanya.

Baca juga artikel terkait PSSI atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari