Menuju konten utama

Putus Kerja Sama dengan Indofood, PepsiCo Hengkang dari Indonesia

PepsiCo menyatakan, produknya tak akan lagi dijual di Indonesia per-10 Oktober 2019.

Putus Kerja Sama dengan Indofood, PepsiCo Hengkang dari Indonesia
Pepsi. [Foto/Shutterstock]

tirto.id -

PepsiCo, produsen minuman ringan berkarbonasi yang berkantor pusat Amerika Serikat, secara resmi menyatakan tak lagi menjual produknya di Indonesia.

Hal ini merupakan buntut dari keputusan perusahan untuk tak lagi memperpanjang kerja sama dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) yang bakal berlaku efektif pada 10 Oktober 2019.

Lantaran kontrak kerja sama itu tak diperpanjang, AIBM pun tidak akan lagi melakukan pengemasan, distribusi hingga penjualan produk PepsiCo.

Kebijakan ini juga telah disampaikan ke seluruh rekanan penjualan seperti minimarket dan jaringan penjualan ritel lainnya.

“PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (“AIBM”), dan PepsiCo Inc. (“PepsiCo”) telah menyepakati bersama untuk menghentikan kerja sama antar kedua perusahaan,” bunyi konfirmasi resmi yang diterima via surat elektronik yang diterima Tirto, Rabu (2/10/2019).

Belum lama ini, penelusuran yang dilakukan Tirto juga menemukan bahwa merek minuman Pepsi hilang dari peredaran. Setidaknya, ini tergambar dari tiga convenience store di kawasan Kemang Timur, Jakarta Selatan.

Di gerai Indomaret, merek Pepsi yang biasa dijual dalam bentuk kalengan dan juga botol plastik besar ukuran 1,5 liter sudah tidak ada lagi. Rak minuman ringan jenis soda memajang berbagai merek minuman kecuali Pepsi.

Pun demikian dengan botol plastik besar, hanya memajang Big Cola dan Big Stroberi ukuran 3,1 liter yang dijual dengan harga Rp19.900 per botol.

Tak hanya itu, sejumlah gerai KFC yang didatangi Tirto juga mengaku tak lagi menyuplai pepsi sebagai minuman utama.

Baca juga artikel terkait PEPSI atau tulisan lainnya dari Hendra Friana

tirto.id - Bisnis
Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Hendra Friana
Editor: Hendra Friana