Puluhan Nasabah Jiwasraya Dipingpong Sri Mulyani, OJK hingga BUMN

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 6 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Nasabah Jiwasraya ingin bertemu dengan Menkeu dan Kepala OJK untuk menanyakan kejelasan nasib dana investasi.
tirto.id - Puluhan nasabah Jiwasraya mengaku kecewa dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lantaran mereka tidak berhasil menemui pimpinan yang mengurusi Industri Keuangan Non Bank (IKNB).

Nasabah bernama Haresh Nandwani mengaku kesal karena untuk kesekian kalinya mereka terus dipingpong sejumlah kementerian terkait tanpa memperoleh kepastian pengembalian polis mereka.

“Mereka menyarankan kita harus ke [Kementerian] BUMN. Dilempar-lempar aja. Keahlian mereka itu, dipingpong, tendang kiri, tendang ke kanan,” ucap Haresh kepada wartawan saat ditemui di Wisma Mulia II, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Haresh dan puluhan nasabah lainnya pantas kecewa karena sudah seharian penuh mereka berupaya menemui Menteri Keuangan sejak pukul 09.00 WIB dan hingga pukul 11.00 WIB tak kunjung diterima Sri Mulyani.

Mereka hanya ditemui oleh Darmawan, Kepala Bidang program dan administrasi Kemenkeu.

Lalu saat mereka berkunjung ke Wisma Mulia II, mereka juga terpaksa menunggu 2 jam lagi. Namun, mereka hanya ditemui oleh pejabat selevel di bawah komisioner padahal mereka sudah mengirimkan surat permohonan audiensi sebanyak 2 kali dan diantar langsung ke kantor OJK.


Meskipun akhirnya bertemu 3 jam sampai pukul 16.00 WIB, pertemuan itu menurutnya sia-sia.

“Kita ketemu Pak Wayan, salah satu deputi komisioner. Dia hanya mendengar saja tidak memberi jawaban. Kami turut kecewa teman-teman pers tidak diperkenankan masuk,” ucap Haresh.

Kekesalan lain juga ia lontarkan lantaran ia mengaku bertemu dengan seorang pegawai OJK di Kemenkeu yang mengatakan kalau mereka diundang datang ke Wisma Mulia II. Bahkan mereka dijanjikan transportasi berupa bus.


Kepada wartawan Haresh menunjukan, ia sempat memfoto identitas pegawai OJK itu. Pegawai itu bernama Usnul Yakim dengan nomor induk H01875.

Namun saat mereka menunggu tidak ada kabar hingga mereka harus pergi ke Wisma Mulia II dengan kendaraan sendiri.

Usai tiba pun, ia mendapati pegawai OJK malah mengecewakan mereka. Haresh berkata, “Enggak tahu di mana. Dia malah hilang. Kami tanya ke orang OJK di lantai 12, malah enggak dijawab.”

Reporter Tirto telah berupaya mengonfirmasi pernyataan Haresh perihal pertemuan dengan OJK ini. Hingga berita dinaikkan, Juru Bicara OJK, Sekar Putih Djarot belum memberi jawaban.


Baca juga artikel terkait NASABAH JIWASRAYA atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Zakki Amali
DarkLight