Pukul 07.00 WIB TPS Prabowo Dibuka, KPPS Awali Baca Sumpah

Oleh: Bayu Septianto, Bayu Septianto - 17 April 2019
KPPS di tempat Prabowo mencoblos yakni TPS 041 Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat telah membuka TPS pukul 07.00 WIB.
tirto.id - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 041 Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat telah membuka TPS. Di tempat ini, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

Tepat pukul 07.00 WIB, Ketua KPPS TPS 041 Dadan Danuri Ahmad membuka TPS dan langsung memimpin pembacaan sumpah bersama anggota KPPS lainnya. Setelahnya, di hadapan para saksi yang telah hadir, mereka satu per satu membuka segel kotak suara dan menghitung surat suara.

Total terdapat 261 orang yang memilih di TPS ini, terdiri dari 117 yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 144 yang masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Di Pemilu 2014, Prabowo yang saat itu berpsangan dengan Hatta Rajasa menang telak di kampungnya di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dari hasil penghitungan, Prabowo memperoleh 752 suara. Sedangkan Jokowi hanya 19 suara. Dan ada 8 suara dianggap tak sah.

Saat itu di TPS tempat Prabowo mencoblos terdapat 713 daftar pemilih tetap (DPT). Menjadi bertambah lantaran ada sejumlah wartawan dan pendatang yang membawa A5 ikut mencoblos.

Sementara itu, Partai Gerindra pada Pileg 2014 berhasil mendapatkan suara terbanyak di TPS Prabowo mencoblos. Gerindra berhasil meraup 343 suara. Perolehan suara ini unggul jauh dari partai yang ada di posisi kedua yakni PDI Perjuangan, Partai Nasdem dan Hanura yang masing-masing hanya mendapatkan 3 suara. Sementara total suara tidak sah sebanyak 38 suara.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto & Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Penulis: Bayu Septianto & Bayu Septianto
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight