tirto.id - Perusahaan Listrik Negara atau PT. PLN (Persero) memberikan promo berupa keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya bagi para konsumennya yang menggunakan produk layanan Green Lifestyle.
Green Lifestyle merupakan produk khusus dari PLN yang memadukan semangat kepedulian terhadap pengembangan energi hijau, serta pengembangan produktivitas pelanggan dengan keandalan listrik yang terjaga.
Melalui produk Green Lifestyle, pelanggan akan menikmati layanan berupa keringanan Biaya Penyambungan (BP) untuk Tambah Daya (TD) melalui mekanisme penerbitan e-Voucher bagi Konsumen yang membeli produk layanan Renewable Energy Certificate (REC).
REC merupakan suatu sertifikat Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dikeluarkan oleh PLN sebagai bukti bahwa konsumen menggunakan listrik yang berasal dari energi hijau dan ramah lingkungan.
Menurut PLN, REC tak sekadar untuk mendapatkan keringanan biaya layanan tambah daya, melainkan mendukung pengembangan EBT serta menekan pelepasan emisi karbon yang berdampak pada perubahan iklim.
Promo dalam produk layanan Green Lifestyle ini berlaku bagi konsumen yang mendaftar dan melakukan pembayaran mulai tanggal 5 April 2021, dan akan berakhir pada 31 Agustus 2021 pukul 23.59 waktu setempat.
Syarat dan Ketentuan
Mekanisme pelaksanaan dan Produk Layanan Paket Green Lifestyle adalah sebagal berikut:
- Keringanan Biaya Penyambungan untuk Tambah Daya diberikan bagi Konsumen Tegangan Rendah 1 Phasa golongan tarif Rumah Tangga yang bermohon Tambah Daya dengan pilihan daya akhir mulai daya 2.200 VA s.d. daya 11.000 VA, dengan hanya membayar sebesar Rp.202.100,- (dua ratus dua ribu seratus rupiah).
- Produk layanan REC merupakan 3 (tiga) unit REC atau setara dengan 3 MWh yang dibeli khusus melalui portal layanan PLN layanan.pin.co.id dengan kategori pembelian Green Lifestyle sebesar Rp 115.500,- (seratus lima belas ribu lima ratus rupiah) per produk sudah termasuk PPN 10%.
- Produk layanan Green Lifestyle berlaku bagi konsumen yang mendaftar dan melakukan pembayaran mulai tanggal 5 April 2021 sd. 31 Agustus 2021 pukul 23.59 waktu setempat.
- Biaya Tambah Daya yang dibayarkan pada produk Produk Layanan Green Lifestyle hanya diberikan kepada Konsumen yang membayar secara tunai atau tanpa cicilan pembayaran.
- e-Voucher keringanan Biaya Penyambungan dapat diredeem untuk 1 (satu) ID Pelanggan saja dan hanya berlaku untuk 1 (satu) kali pendaftaran atau permohonan Produk Layanan Green Lifestyle selama periode layanan dan tidak berlaku kelipatan.
- e-Voucher yang dikembalikan atau gagal di-redeem akibat batal permohonan Layanan Tambah Daya oleh Konsumen sebelum melakukan pembayaran maupun pengembalian atau restitusi biaya permohonan Layanan Tambah Daya, e-Voucher dapat digunakan kembali untuk pendaftaran atau permohonan Produk Layanan Green Lifestyle pada ID Pelanggan permohonan sebelumnya atau ID Pelanggan lainnya.
- Masa aktif e-Voucher keringanan Biaya Penyambungan untuk Tambah Daya berlaku sampai dengan berakhirnya program Green Lifestyle ml.
- Pengiriman e-Voucher keringanan Biaya Penyambungan untuk Tambah Daya kepada Konsumen dilakukan melalui email atau SMS Konsumen yang terdaftar setelah Konsumen berhasil melakukan pembelian REC.
- Keringanan Biaya Penyambungan untuk Tambah Daya pada Produk Layanan Green Lifestyle tidak dapat digabungkan dengan produk layanan keringanan Biaya Penyambungan untuk Tambah Daya lainnya.
- Konsumen hanya dapat menikmati produk Produk Layanan Green Lifestyle ini hanya 1 (satu) kali selama periode masa berlaku produk layanan.
- Konsumen yang mengikuti Produk Layanan Green Lifestyle ini baru dapat mengajukan permohonan Layanan Turun Daya, minimal 1 (satu) tahun sejak realisasi Tambah Daya.
- Sudah menjadi Konsumen PLN sebelum tanggal 1 Maret 2021;
- Tanpa perubahan fasa (1 fasa ke 3 fasa) atau sebaliknya;
- Tanpa migrasi Iayanan dan Prabayar ke Pascabayar atau sebaliknya;
- Tanpa mengubah golongan tarif peruntukannya;
- Dapat diberlakukan untuk Konsumen tarif Layanan Reguler yang Tambah Daya dan sekaligus beralih ke tarif Layanan Premium/B2B, tetapi tidak berlaku sebaliknya; dan
- Wajib melunasi seluruh kewajiban tagihan listrik, kecuali kewajiban terkait Kebijakan Capping Tagihan Listrik atau Konsumen TNI/POLRI (Kode Golongan 1), tetap dapat mengikuti Produk Layanan walaupun masih memiliki tagihan listrik dengan mendaftar melalui Kantor Pelayanan PLN.
Cara Dapat Promo PLN Tambah Daya 2021
Konsumen mengajukan permohonan Layanan Green Lifestyle dengan melakukan pembelian REC melalul portal layanan PLN layanan.pln.co.id dengan kategori pembelian Green Lifestyle.
Konsumen yang sudah melakukan pembelian REC, akan menerima nomor registrasi pembayaran melalui email atau SMS yang terdaftar untuk selanjutnya dapat melakukan pembayaran melalui fasilitas perbankan atau Payment Point Online Bank (PPOB) yang tersedia.
Setelah pembayaran terkonfirmai berhasil, konsumen akan menerima e-Voucher keringanan Biaya Penyambungan untuk Tambah Daya dan apresiasi Direksi atas keikutsertaan Konsumen dalam produk layanan Green Lifestyle ini melalui e-mail atau SMS yang terdaftar.
Konsumen yang telah berhasil memperoleh e-Voucher keringanan Biaya Penyambungan untuk Tambah Daya berupa kode unik alphanumeric yang berbeda satu sama lain
Konsumen kemudian mengajukan permohonan Produk Layanan Tambah Daya Green Lifestyle melalui Aplikasi PLN Mobile.
Pada saat permohonan Layanan, Kknsumen akan diminta untuk menginputkan kode unik yang diperoleh dan e-Voucher.
Selanjutnya Konsumen yang berhasil me-redeem e-Voucher keringanan Biaya Penyambungan untuk Tambah Daya, dapat melanjutkan ke proses pembayaran melalui fasilitas perbankan atau Payment Point Online Bank (PPOB) yang tersedia.
Setelah pembayaran terkonfirmasi berhasil, selanjutnya petugas PLN akan segera menindaklanjuti.
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Dipna Videlia Putsanra