Profil Bripka Nuril Huda, Dicopot karena Istri Hina Anak Magang

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 7 Sep 2023 12:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Profil Bripka Nuril suami Luluk Sofiatul Jannah yang viral karena hina anak magang.
tirto.id - Bripka Nuril Huda kena getah dari ulah istrinya, Luluk Sofiatul Jannah, setelah memviralkan video sedang memarahi seorang siswi SMK yang sedang magang di KDS, Kota Probolinggo.

Nuril dicopot dari jabatannya di Polsek Tiris dan kembali ke Polres Probolinggo. Dia juga menanti untuk mendapatkan sanksi kode etik.

Kasus ini bermula dari Luluk yang memosting video di akun TikTok @luluk.nuril yang berisi pelampiasan kemarahannya terhadap siswi magang dari SMKN 1 Probolinggo.

Pada unggahan tersebut Luluk tidak terima saat sang siswi mengingatkan prosedur pembatalan barang. Luluk tersinggung merasa disepelekan dengan merasa mampu membeli barang puluhan juta.

Video tersebut lantas viral dan membuat netizen segera "merujak" akunnya di TikTok atau pun Instagram karena dinilai melakuka tindakan tidak pantas. Sang korban juga mengalami trauma akibat perlakuan itu.

Belakangan diketahui jika Luluk adalah selebgram lokal yang juga istri dari Bripka Nuril Huda. Nuril bertugas di Polsek Tiris yang berada di wilayah hukum Polres Probolinggo.

Di sisi lain, Luluk sebagai selebgram kerap membagikan postingan flexing di media sosial. Dia memosting anting Dior dengan kisaran harga Rp6 juta. Luluk juga pernah memamerkan tas Hermes cokelat kisaran Rp70 juta hingga sepatu Manolo Blahnik yang ditaksir mencapai Rp10 juta.

Tidak hanya itu, Luluk juga memosting liburan ke luar negeri seperti Thailand dan Singapura. Parahnya, dirinya menggunggah pula aksinya dikawal Patwal saat naik mobil bersama teman-temannya.

Luluk mengakui kesalahannya dan telah meminta maaf secara langsung di depan awak media dan para guru SMKN 1 Kota Probolinggo. Kendati sudah saling memaafkan, pihak SMKN 1 Probolinggo tetap membawa kasus ini ke meja hijau. Ada pun Bripka Nuril Huda juga mendapatkan sanksi atas kasus ini dan dipanggil Propam Polres Probolinggo.

Profil Bripka Nuril Huda

Mochammad Nuril Huda atau Bripka Nuril Huda merupakan anggota kepolisian di Probolinggo yang lahir pada September 1986. Pria 37 tahun tersebut terakhir kali menjabat sebagai Kanit Binmas Polsek Tiris, Kabupaten Probolinggo. Jabatan tersebut baru diterimanya sekitar tiga bulan lalu.

Sebelumnya, Bripka Nuril bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Pedagangan, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Dirinya dikenal sebagai sosok yang mudah berinteraksi dengan masyarakat. Setidaknya hal itu tampak dari postingan di media sosial Humas Polri yang kerap terlibat mengecek harga-harga sembako di Kecamatan Tiris pada 28 Agustus 2023.

Bripka Nuril beristrikan Luluk Sofiatul Jannah. Sayangnya kesan yang ditampilkan Luluk di media sosial berbanding terbalik dengan suaminya. Warga Asembakor, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo tersebut justru sering pamer kekayaan dan aktivitas bak orang kaya yang tidak diduga tidak sepadan dengan pendapatan suaminya yang berpangkat Brigadir Polisi Kepala (Bripka).

Sampai akhirnya video Luluk memarahi siswa magang di swalayan pun viral. Setelah ditelusuri ternyata Luluk adalah istri dari Bripka Nuril.

Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana, yang menerima laporan kasus tersebut lantas memberikan sanksi untuk Bripka Nuril akibat perilaku istrinya. Bripka Nuril dan istrinya dinilai menimbulkan ketidaknyamanan dan kerugian pada institusi.

Bripka Nuril telah dicopot jabatannya sebagai Kanit Binmas Polsek Tiris dan kembali ke Polres Probolinggo. Sidang kode etik dan kedisiplinan tengah berjalan untuknya.


Baca juga artikel terkait LULUK NURIL atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight