Menuju konten utama

Prioritaskan Kepuasan Pelanggan, CSI ANTAM Naik di Tahun 2023

Prioritaskan kepuasan pelanggan, Customer Satisfaction Index (CSI) ANTAM meningkat pada tahun 2023.

Prioritaskan Kepuasan Pelanggan, CSI ANTAM Naik di Tahun 2023
Antam berhasil mencatatkan peningkatan signifikan dalam Customer Satisfaction Index (CSI) untuk produk logam mulia dan base metal di tahun 2023. FOTO/Dok.Antam

tirto.id - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) terus menunjukkan komitmennya dalam mengutamakan kepuasan pelanggan dengan berbagai produk dan jasa berkualitas.

Di tahun 2023, Antam berhasil mencatatkan peningkatan signifikan dalam Customer Satisfaction Index (CSI) untuk produk logam mulia dan base metal. Hal ini merupakan hasil dari upaya berkelanjutan Antam dalam memberikan nilai tambah melalui produk dan layanannya.

Direktur Operasi dan Produksi Antam, Hartono menyatakan bahwa mempertahankan kepercayaan serta meningkatkan kepuasan pelanggan adalah prioritas utama Antam.

"Kami meyakini bahwa mempertahankan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan merupakan hal penting yang harus dilakukan Antam. Oleh karena itu, kami terus melakukan berbagai inovasi dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi serta kebutuhan pasar," ujarnya dalam siaran pers perusahaan.

Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, Antam secara rutin melaksanakan survei kepuasan pelanggan. Pada tahun 2023, Antam mencatat skor Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 85,61 untuk produk logam mulia, mengalami peningkatan 1,16 poin dari tahun sebelumnya.

Hartono juga menyoroti peran digital marketing dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan.

"Optimalisasi digital marketing menjadi salah satu poin penting dalam upaya peningkatan kepuasan pelanggan," tambahnya.

Selain itu, peningkatan kepuasan pelanggan juga terlihat pada produk base metal yang mencakup feronikel, bijih nikel, dan bauksit. Antam mencatatkan skor CSI untuk produk base metal sebesar 90,63 pada tahun 2023, meningkat 5,76 poin dari tahun 2022.

"Kami percaya bahwa penting untuk selalu mempertahankan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan berinovasi dan beradaptasi sesuai perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar," tambah Hartono.

Untuk lebih memudahkan pelanggan dalam menyampaikan saran dan keluhan, Antam menyediakan mekanisme yang efektif dengan senantiasa terbuka dan memiliki berbagai saluran untuk menampung masukan serta memberikan umpan balik yang baik.

“Salah satu upaya kami untuk mempermudah akses komunikasi bagi masyarakat dan pelanggan adalah melalui ALMIRA," jelas Hartono.

ALMIRA (ANTAM Logam Mulia Virtual Assistant) adalah teknologi asisten virtual berbasis chat yang memudahkan pelanggan mendapatkan informasi terkait produk logam mulia Antam.

Melalui ALMIRA, Antam berharap dapat semakin memperkuat hubungan dengan pelanggan serta memberikan pelayanan yang lebih responsif dan informatif.

Dengan berbagai inovasi dan pendekatan yang berfokus pada pelanggan, Antam pun bertekad untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempertahankan kepercayaan, seiring dengan adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar yang terus berubah.

(INFO KINI)

Penulis: Tim Media Servis