Preview Anime My Hero Academia Episode 1 Tayang RTV 18 Juli 2020

Oleh: Fitra Firdaus - 17 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Preview anime My Hero Academia di RTV pada Sabtu (18/7/2020): episode 1 mengisahkan perjuangan Izuku Midoriya untuk jadi hero seperti All Might.
tirto.id - Anime My Hero Academia akan tayang pertama kali di RTV pada Sabtu (18/7/2020). Jika menyesuaikan dengan musim rilis anime adaptasi manga karya Kohei Horikoshi tersebut, maka akhir pekan ini yang ditampilkan adalah Episode 1 "Izuku Midoriya: Origin", pertemuan Midoriya dengan sang pahlawan idola, All Might dalam situasi yang tidak biasa.

Di Jepang, anime My Hero Academia sudah dirilis selama 4 musim (season). Pada musim pertama, terdapat 4 arc yang dibagi ke dalam 13 episode. Arc pertama, yaitu Entrance Exam terjadi di episode 1 hingga 4. Sementara itu, Quirk Apprehension Test Arc dan Battle Trial Arc ditampilkan dalam episode 5 hingga 8. Arc terakhir untuk musim perdana, U.S.J Arc, tayang di Episode 9 hingga 13.

Anime My Hero Academia atau juga bisa disebut Boku no Hero Academia (BnHA) mengisahkan petualangan seorang remaja bernama Izuku Midoriya. Di dunia yang diisi oleh para hero (pahlawan), banyak anak yang memperoleh kekuatan khusus yang disebut quirk.

Meskipun awalnya Midoriya tidak punya quirk, tekadnya untuk menjadi pahlawan tetap membara. Hingga kemudian, dalam sebuah pertemuan yang mengejutkan, Midoriya diberi warisan One For All, quirk milik All Might, pahlawan terkuat di Jepang. Dimulailah petualangan remaja 14 tahun itu mewujudkan mimpinya jadi hero.



Sinopsis My Hero Academia Episode 1


Dalam pembukaan episode pertama, "Izuku Midoriya: Origin", sosok Midoriya sudah menunjukkan karakternya sebagai calon pahlawan. Meskipun tidak memiliki quirk, ia tetap menghalangi Katsuki Bakugo yang hendak merundung anak kecil yang lemah. Namun, Bakugo yang tidak mengenal ampun, menghajar Midoriya pula.

Fenomena quirk ini dimulai sejak lahirnya bayi dengan cahaya berkilauan di Qing Qing City, Cina. Bayi tersebut punya kekuatan unik. Belakangan, fenomena serupa terjadi di seluruh dunia. Mayoritas manusia memiliki kemampuan unik yang disebut quirk tersebut, sehingga status sebagai hero (pahlawan) dapat dijadikan profesi.

Bagi Izuku Midoriya, hidup tanpa quirk membuatnya sulit berharap masuk ke U.A. High School, SMA untuk para remaja yang memiliki quirk dan bercita-cita menjadi pahlawan. Di Aldera Junior High, mimpi Midoriya jadi bahan ejekan, termasuk oleh Katsuki Bakugo, yang punya keinginan mengungguli sang pahlawan terkuat, All Might.

Midoriya yang tak berhenti berharap, mendadak diserang oleh penjahat ketika pulang. Saat itu juga, All Might muncul dan menolongnya dengan jurus Texas Smash. Midoriya sempat pingsan. Ketika tersadar, dibangunkan oleh All Might, Midoriya spontan ingin meminta tanda tangan sang idola, tetapi ternyata hal itu sudah diberikan All Might di buku Midoriya.

Melihat sang pahlawan ingin pergi, Midoriya memegang kaki All Might, sehingga ikut terbang. Akhirnya, All Might memutuskan menurunkan Midoriya di sebuah atap bangunan. Di sinilah, terjadi percakapan antara sang penggemar dan idolanya. Midoriya yang peragu kemudian bertanya, apakah seseorang yang tak punya quirk bisa menjadi hero seperti All Might.

Anime My Hero Academia mendapatkan banyak reaksi positif, misalnya dicantumkan Crunchyroll dalam daftar 25 anime terbaik era 2010-an. BnHA ada di urutan ke-13, sedangkan posisi pertama dan kedua diduduki Attack on Titan dan Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba.

Sementara itu, manga My Hero Academia karya Kohei Horikoshi yang diadaptasi oleh anime ini, sudah rilis hingga 26 volume (tankobon). BnHA termasuk dalam 3 besar manga paling banyak dibaca di Manga Plus, setelah One Piece (Eiichiro Oda) dan Boruto: Naruto Next Generations. Chapter terbaru manga BnHA, Chapter 278 akan rilis pada Minggu (19/7/2020).




Baca juga artikel terkait MY HERO ACADEMIA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight