Presiden Jokowi Pertama Kali Mendarat di Bandara YIA Kulon Progo

Oleh: Irwan Syambudi - 29 Agustus 2019
Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) mendarat pertama kali di Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, pada Kamis (29/8/2019) sekaligus meninjau proses pembangunannya.
tirto.id - Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, pada Kamis (29/8/2019).

Jokowi pertama kali mendarat di YIA sejak bandara tersebut mulai dioperasikan sebagian pada Mei 2019. Presiden bersama rombongan mendarat di YIA menggunakan pesawat kepresidenan tiba pukul 09.45 WIB.

Jokowi meninjau Terminal YIA di lantai I yang sudah dioperasikan untuk kedatangan dan keberangkatan penumpang tujuan domestik. Selain itu, Jokowi juga meninjau lantai III yang masih dalam progres pembangunan.

"Ini betul-betul bandara yang sangat besar sekali terminalnya total [luas] 219 ribu meter persegi yang bisa menampung 20 juta penumpang per tahun," kata Jokowi kepada wartawan.

Usai melakukan peninjauan di YIA, Presiden dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Jokowi akan melakukan penyerahan sertifikat tanah di acara tersebut.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Hilmi mengatakan saat ini progres pembangunan YIA sudah mencapai 76 persen dari total keseluruhan. Bandara internasional ini ditargetkan pada Desember 2019 pembangunan sudah rampung.

"Full operasional akan kita lakukan paling lambat di bulan Mei 2020. Sudah termasuk air lines semuanya ya, karena kalau bicara penyelesaian fisik [bandara] Desember 2019 selesai," kata dia.

Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata Arif Yahya, dan Sekretaris Kainet Pramono Anung.


Baca juga artikel terkait BANDARA KULON PROGO atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Maya Saputri
DarkLight