Presiden Jokowi Buka Pameran UMKM Binaan Bank Indonesia di JCC

Oleh: Hendra Friana - 12 Juli 2019
Presiden Jokowi membuka pameran UMKM 2019 yang diselenggarakan Bank Indonesia di JCC, hari ini.
tirto.id - Presiden Joko Widodo membuka acara Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2019) pagi.

Didampingi Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Presiden juga meresmikan acara yang mengambil tajuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM Go Export dan Go Digital.

"Dengan mengucap Bismillaahirahmaanirrahiim, pameran Karya Kreatif UMKM Indonesia dari Bank Indonesia saya nyatakan dibuka," ucap Jokowi.

Nantinya, pameran yang berlangsung selama tiga hari itu akan menampilkan 370 produk usaha mikro, kecil dan menengah unggulan yang menjadi binaan bank sentral.

"370 itu 88 kerajinan tas, kain dan lain sebagainya," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo saat memberikan sambutan dalam pembukuan pameran tersebut.

Di luar itu, produk UMKM yang ditampilkan dalam pameran juga beragam, mulai dari fashion, makanan dan minuman, hingga kerajinan tangan yang diproduksi industri rumahan.

Hingga sekarang, kata Perry, total UMKM yang dibina 46 kantor perwakilan BI sendiri sudah mencapai 898.

"Dari 898 itu, yang dikasih pembiayaan perbankan sudah 173 UMKM," imbuhnya.

UMKM yang dibina oleh bank sentral tersebut juga tak hanya yang berorientasi pada pasar domestik melainkan juga ekspor ke beberapa negara.

"Kami kembangkan UMKM tidak hanya di daerah tapi nasional dan juga internasional, juga digital," pungkas Perry.


Baca juga artikel terkait UMKM atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno