Presiden Cina Ucapkan Selamat Hari Raya Imlek Kepada Dunia

Oleh: Yantina Debora - 15 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Saat seluruh anggota keluarga berkumpul pada Hari Raya Imlek, kita merasa bahagia dan menyatu dalam kekuatan, kata Presiden Cina Xi Jinping.
tirto.id - Presiden Cina Xi Jinping mengucapkan Hari Raya Imlek kepada kepada seluruh warga daratan Cina termasuk Hong Kong, Makau, Taiwan, dan negara-negara lain di dunia. Hal itu sampaikan dalam acara Hari Raya Imlek yang digelar di Balai Agung Rakyat (Renmin Da Huidang), Beijing, Rabu (14/2/2018).

Acara yang digelar oleh Perdana Menteri Le Keqiang tersebut juga dihadiri para pejabat senior China lainnya, yakni Zhang Dejiang, Yu Zhengsheng, Zhang Gaoli, Li Zhanshu, Wang Yang, Wang Huning, Zhao Leji, dan Han Zheng serta 2.000 tamu undangan lainnya.

Dalam pidatonya, Xi mendorong masyarakat Cina untuk bekerja lebih keras lagi pada tahun baru dan kebahagiaan hanya bisa didapat melalui usaha yang keras.

"Pasti ada kesulitan dalam kerja keras itu. Namun hal itu bisa diatasi dengan kemurnian jiwa dan kekuatan rasa percaya diri," ujar Xi.

Xi menyatakan bahwa hal terpenting dalam menegakkan dan membangun sosialisme yang sesuai dengan karakter rakyat Cina dalam beberapa generasi atau bahkan puluhan generasi mendatang adalah kerja keras.

Orang nomor 1 di daratan Cina itu juga menyerukan kepada para anggota PKC agar selalu memfokuskan diri pada keinginan rakyat untuk mendapatkan taraf hidup yang lebih baik lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Xi juga memuji pembangunan ekonomi, keberhasilan reformasi, kemajuan hukum berbasis pemerintahan, meningkatnya taraf hidup masyarakat, dan penurunan angka kemiskinan.

Demikian pula dengan peningkatan di bidang pertahanan melalui pembangunan pasukan militer yang kuat, diplomasi di segala bidang, dan sistem manajemen yang ketat di tubuh PKC.

Mengenai nilai-nilai tradisi keluarga, Xi juga menyatakan, "Saat seluruh anggota keluarga berkumpul pada Hari Raya Imlek, kita merasa bahagia dan menyatu dalam kekuatan".

Menurut dia, keluarga selalu menjadi bagian utama dalam masyarakat dan keserasian dalam keluarga menjadi faktor pendorong keberhasilan di segala bidang.

"Kita harus menyatukan kearifan dan kekuatan lebih dari 1,3 miliar jiwa penduduk Cina dan lebih dari 40 juta rumah tangga sebagai modal menuju kesuksesan sosialisme bercirikan rakyat Cina pada era baru dan merealisasikan mimpi rakyat Cina untuk memajukan bangsa dan negara," kata Xi.


Baca juga artikel terkait HARI RAYA IMLEK atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live
a